ERK Tolak Didanai Bekraf di Ajang SXSW, Begini Penjelasannya

Pimpinan Badan Ekonomi Kreatif mengklaim melakukan pertemuan selama 4 jam, pada Minggu (12/3/2018) malam dengan para personil Efek Rumah Kaca (ERK) terkait dengan pengunduran band tersebut dari dukungan Badan Ekonomi Kreatif ke ajang South by Southwest (SXSW) di Amerika Serikat pada 9 13 Maret.
Dika Irawan | 12 Maret 2018 16:55 WIB
Kepala Bekraf Triawan Munaf - Bisnis.com/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan Badan Ekonomi Kreatif mengklaim melakukan pertemuan selama 4 jam, pada Minggu (12/3/2018) malam dengan para personil Efek Rumah Kaca (ERK) terkait dengan pengunduran band tersebut dari dukungan Badan Ekonomi Kreatif ke ajang South by Southwest (SXSW) di Amerika Serikat pada 9 – 13 Maret.

Dalam jumpa pers di kantor Bekraf, Senin (12/3/2018), Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Ricky Pesik mengatakan, pihaknya telah berbicara dengan ERK untuk mencari solusi atas persoalan ini. “Tadi malam kami sudah ketemu dengan mereka. Jadi, ada dialog panjang lebar selama 4 jam [mengenai persoalan ini],” ujarnya.

Ricky enggan berkomentar lebih banyak hasil dari pertemuan itu karena akan dikeluarkan pernyataan bersama mengenai persoalan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa terkait dengan persoalan ini pihaknya tidak mengeluarkan bantahan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bekraf Triawan Munaf memahami keinginan ERK supaya uang rakyat dapat dianggarkan secara efektif. Dia mengakui pihaknya mendapat masukan dari ERK tentang rumitnya mekanisme pembiayaan tersebut.

Dia menjelaskan bahwa mekanisme yang saat ini cukup kaku sehingga menyulitkan pihaknya dalam memberi dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif. “Pemerintah harus antisipasi hal ini,” ujarnya.

Bagi Triawan hikmah dari persoalan ini adalah memperbaiki komunikasi. Dia mengakui komunikasi lembaganya masih jauh dari sempurna sehingga tak menutup kemungkinan timbul masalah salah persepsi.

“Sangat terima kasih kepada ERK. Hal ini masukan untuk kami,” tuturnya.

Dalam akun Instagramnya, ERK menyatakan, awalnya, keberangkatan ke SXSW ini sebagian turut didukung oleh BEKRAF. Namun seminggu sebelum keberangkatan, memutuskan untuk menarik diri sepenuhnya dari dukungan finansial BEKRAF karena persoalan janggalnya harga tiket.

“Hari Senin 12 Maret 2018, kami akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti festival SXSW. Terima kasih banyak atas dukungan dan doa teman-teman semua selama sebulan terakhir.”

Tag : Bekraf
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top