Health

Berikut Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 9 April 2018 - 14:18
Bagikan

Bagian 5

9. Bagaimana Cara Membaca Untuk Bayi Anda?

Membaca untuk bayi ditujukan untuk membantunya memahami ritme dan bunyi bahasa. Tidak masalah apa yang Anda baca kepada bayi Anda selama Anda berdua senang membacanya. Cobalah berbicara dengan jelas dan perlahan untuk membantu bayi Anda menangkap nada dan suaranya.

Pengulangan adalah hal lain yang harus Anda ingat. Ini membantu dalam membangun bahasa bayi Anda. Anda dapat mencoba berbagai nada atau menggunakan suara yang berbeda untuk setiap karakter dalam buku. Ini akan membuat bayi Anda geli dan tertarik.

Berinteraksi dengan bayi Anda saat Anda membaca. Membaca tidak harus monoton. Coba dan sertakan bayi Anda. Ajukan pertanyaan padanya bahkan jika dia belum cukup dewasa untuk mengerti atau menjawab. Anda kemudian dapat menjawab pertanyaan itu sendiri.

Jangan mencoba menyelesaikan buku setiap hari. Sebuah bagian, halaman atau bahkan satu huruf pun akan baik-baik saja. Perhatikan tanda-tanda kebosanan atau kegelisahan pada bayi Anda. Jika Anda memperhatikan mereka, hentikan membaca sampai bayi Anda siap untuk lebih banyak.

10. Usia berdasarkan panduan usia untuk membaca untuk bayi Anda

Enam Bulan Pertama

Pilih buku yang memiliki sedikit atau tanpa huruf. Pergi untuk buku-buku yang memiliki gambar besar dengan warna-warna cerah dan kontras. Boneka, lubang intip dan cermin sangat bagus dalam buku yang dibuat untuk kelompok usia ini. Anda juga dapat membaca dari buku atau majalah apa pun yang Anda temui karena bayi akan lebih diasah untuk memperhatikan suara Anda dan tidak akan mengerti apa yang Anda baca.

Tujuh Bulan Hingga Dua Belas Bulan

Pada usia ini, kebanyakan bayi mulai mengucapkan kata-kata dasar seperti ayah, ibu, kelaparan, susu atau anjing kecil. Dia sekarang mengenali suara dan kata-kata. Dapatkan buku-buku yang memiliki gambar kehidupan nyata. Arahkan ke setiap piture dan beri nama. Anda juga dapat menggunakan tangan, suara, dan wajah untuk menunjukkan objek dalam gambar. Ini akan mendorong bayi untuk mengoceh pada Anda juga. Bayi akan belajar fokus dan bagaimana mengadakan percakapan dengan latihan ini.

Tiga belas sampai delapan belas bulan

Dalam periode usia ini, berikan buku-buku bayi Anda yang memiliki satu atau dua kalimat di setiap halaman. Cobalah untuk memerankan sekte. Jika Anda membaca buku tentang binatang, buatlah suara binatang yang sesuai dengan hewan itu. Segera, bayi Anda akan mulai mengenali mereka dan akan membuat suara binatang untuk hiburan Anda.

Sembilan belas Bulan sampai Dua Puluh Empat Bulan

Untuk anak-anak usia ini, bayi belajar untuk merasa nyaman dalam rutinitas dan keakraban. Pada usia ini, anak Anda mungkin tampak agak parsial terhadap makanan tertentu. Bayi Anda mungkin meminta Anda untuk membaca buku yang sama lagi dan lagi. Bayi juga akan mengulangi semua yang Anda ucapkan. Jawaban ini memungkinkan bayi Anda mengucapkan kata-kata baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

6 dari 6 halaman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro