Seorang ayah sedang membacakan buku bergambar untuk anak-anaknya/Tyack Health
Health

Tips Parenting, Ini Trik Membaca Bersama Anak untuk Tingkatkan Kecerdasan

Redaksi
Sabtu, 19 Agustus 2023 - 13:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membaca untuk anak-anak adalah cara penting untuk membantu mereka membangun keterampilan bahasa. 

Membaca menghadapkan anak pada kata-kata baru dan cara menggunakan bahasa. Hal ini membantu anak mempelajari informasi umum tentang dunia, dan membuat anak mudah mempelajari pembelajaran baru begitu mereka masuk sekolah.

Dilansirkan dari Child Mind Institute ( 18/8/2023), buku membantu anak-anak membangun empati dan belajar bagaimana menangani perasaan yang menantang.

Orang tua dapat menggunakan waktu membaca sebagai kesempatan untuk berbicara tentang emosi dan cara mengatasinya. Misalnya, orang tua bisa berkata: “Pernahkah kamu merasa semarah gadis di buku ini? Apa yang akan kamu lakukan jika kamu melakukannya?”

Membaca bersama anak memberikan ruang untuk mendengarkan curhatan hati anak. Beberapa menit membaca bersama memberi orangtua dan anak kesempatan terhubung satu sama lain. Ketika bercerita dan kemudian mendengarkan  suara orang tua akan melibatkan otak anak berpikir dan menjadikan cara belajar lebih mudah.

Dilansir dari New York Public Library ( 18/08/2023), perlu diingat membaca bersama anak harus juga memperhatikan segala aspek.

Simak tips agar membaca bersama anak menjadi menyenangkan dan tidak membosankan:

1. Semua bacaan adalah bacaan yang baik.

Semua bacaan adalah bacaan yang baik. Itu termasuk buku dengan karakter komersial, komik, dan nonfiksi. Ini tergantung orang tua memberikan penjelasan dan pengertian kepada anak.

2. Temukan tempat yang nyaman untuk membaca bersama.

Kecintaan membaca dibangun di sekitar hubungan budaya kita dengan buku dan mendengarkan cerita. Berada di lingkungan yang nyaman saat membaca akan membantu menciptakan hubungan cinta tersebut. 

3. Pelan-pelan.

Butuh waktu untuk memproses apa yang terjadi pada halaman buku yang dibaca. Kamu dapat menjeda halaman untuk melihat gambar lebih dekat sebelum membalik halaman.

4. Ajukan dan jawab pertanyaan bersama.

Jika menemukan kata atau konsep yang tidak diketahui oleh anak, tanyakan kepada mereka menurut mereka apa artinya. Dan jika kamu tidak tahu, tidak apa-apa untuk mengatakan itu! Jelajahi hal-hal yang tidak diketahui bersama: momen-momen ini adalah kesempatan untuk mendiskusikan buku dan apa yang terjadi sehubungan dengan dunia di sekitar kita dan memanfaatkan rasa ingin tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro