/Ilustrasi
Health

Usia Anda Sudah 40 Tahun? Ini Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan

Yoseph Pencawan
Selasa, 17 April 2018 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak anggapan menilai seseorang yang mencapai usia 40 tahun adalah saat ketika dia sedang berada dalam kondisi yang matang dalam bersikap, termasuk dalam berkarir.

Namun dari perspektif medis, dalam usia tersebut seseorang sudah mulai perlu membiasakan diri melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up. Upaya mendeteksi adanya kelainan yang terjadi pada tubuh walaupun belum timbul gejala.

"Karena ada beberapa keadaan sakit yang memang hanya dapat diketahui kalau kita melakukan check-up," ujar Ari Fahrial Syam, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Senin (16/4/2018).

Menurutnya, penyakit-penyakit yang hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium antara lain kencing manis (DM), kadar kolesterol dan trigliserida, kadar asam urat, hipertensi dan gangguan jantung. Selain itu, pemeriksaan skrining awal adanya kemungkinan kanker juga hanya dapat dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium, foto dada serta USG abdomen.

Oleh karena itu, lanjutnya, bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun dan tidak pernah check-up, apalagi dengan berbagai faktor risiko, sangat dianjurkan untuk melakukan check-up. Faktor-faktor risiko tersebut a.l. obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida, diabetes mellitus (DM), riwayat keluarga dengan sakit jantung, kurang olahraga rutin dan stres.

"Jika seseorang mengalami obesitas, indeks masa tubuh lebih dari 30 kg/M2, maka dia berisiko dengan berbagai penyakit. Apalagi kalau ternyata dia juga mempunyai kadar kolesterol tinggi, punya hipertensi serta kebiasaan merokok dan minum alkohol."

Sebenarnya, lanjut dia, seseorang bisa mendeteksi bila ada sesuatu yang tidak beres pada organ tubuhnya. Misalnya, sesak nafas, lelah tidak seperti biasanya, nyeri di dada (terutama dada kiri), serta nyeri di daerah ulu hati setelah atau saat melakukan aktivitas olahraga tertentu.

Kondisi-kondisi tersebut di atas merupakan gejala yang harus diamati dan dievaluasi lebih lanjut melalui medical check-up. Pemeriksaan treadmill merupakan salah satu skrining yang bisa mengidentifikasi adanya masalah pada jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro