Tak Hanya Menyoal Sakit Gigi, tetapi Juga Estetika Gigi

Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jaringan gigi dan mulut saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kedokteran gigi.
Asteria Desi Kartika Sari | 14 Mei 2018 18:16 WIB
lustrasi - Reuters/Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA -- Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jaringan gigi dan mulut saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kedokteran gigi.

Dokter Spesialis Orthodontist Ahmad Syaukani mengatakan, kini mayarakat tidak lagi mengeluh tentang sakit saja, tetapi juga perbaikan estetika menjadi salah satu keluhan pasien saat berkunjung ke dokter gigi.

Tercapainya estetika yang baik dalam rangkaian perawatan gigi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan faktor kesuksesan perawatan lainnya, seperti fungsi bicara, pengunyahan, dan kenyamanan serta stabilitas perawatan (long term). Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para dokter gigi.

“Para praktisi kedokteran gigi dituntut untuk lebih menguasai teknik-teknik yang secara spesifik dapat menilai masalah estetika yang ada pada pasien,” kata Syaukani dikutip Senin (14/5/2018).

Dia mengatakan dokter dituntut untuk menganalisis dengan baik, menentukan rencana perawatan, sampai dengan teknik-teknik khususu dalam melakukan perawatan gigi supaya keberhasilan estetika gigi dapat tercapai.

Oleh karena itu, Syaukai yang sekaligus menjadi Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Jakarta Pusat (PDGI) menuturkan sudah menjadi kewajiban organisasi untuk terus memfasilitasi para dokter gigi di Indonesia dengan informasi. “Khususnya terkait perkembangan teknologi yang berbasis ilmu pengetahuan, untuk dapat diterapkan sebagai solusi perawatan kesehatan gigi dan mulut.”

Dia mengatakan tahun ini merupakan tahun yang kedua bagi Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Jakarta Pusat (PDGI) dan tiga asosiasi terkait di bawah naungan PDGI yakni Ikatan Prostodonsia Seluruh Indonesia DKI Jakarta (Iporsi Jaya) dan Ikatan Konservasi Gigi Indonesia Cabang Jakarta Pusat (Ikorgi) serta Ikatan Ortodontis Indonesia Komda DKI Jakarta (Ikorti Komda Jaya) bersama 3M Indonesia mengadakan Simposium ‘3M Dental Expo’.

Men Jung Tjoe, Country Business Leader - Health Care Business Group PT 3M Indonesia menjelaskan melalui program ‘1000 Education Series’ 3M memiliki misi untuk mendukung program PDGI dalam meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. ‘3M Dental Expo’ merupakan salah satu program PT 3M Indonesia yang diadakan setiap tahun dalam rangka mendukung program PDGI.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada dokter gigi tentang perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran gigi yang dapat diaplikasikan dalam praktek sehari-hari untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien, dengan menghadirkan pembicara bertaraf internasional serta produk dengan teknologi terbaru.

“Kegiatan ini dapat mengedukasi dokter gigi lebih luas dan memberikan manfaat lebih banyak dalam rangka meningkatkan kualitas serta keterampilan dokter gigi dalam memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat Indonesia,” Men Jung Tjoe.

Tag : gigi berlubang
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top