Ini Jadwal dan Jalur Tur Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5/2018) memang sedang menjadi perhatian dunia. Bagi Anda yang berniat untuk menyaksikannya secara langsung, jelas mesti tahu secara jelas bagaimana jadwal dan jalur yang akan dilewati oleh kedua pasangan tersebut seusai mengikat janji suci pernikahan di Kapel St. George, Kastil Windsor.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 16 Mei 2018 09:21 WIB
Kastil Windsor berlatar foto Pangeran Harry dan Meghan Markle dipajang di jendela sebuah toko di Windsor, Inggris, 8 Mei 2018. Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah 19 Mei 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5/2018) memang sedang menjadi perhatian dunia. Bagi Anda yang berniat untuk menyaksikannya secara langsung, jelas mesti tahu secara jelas bagaimana jadwal dan jalur yang akan dilewati oleh kedua pasangan tersebut seusai mengikat janji suci pernikahan di Kapel St. George, Kastil Windsor.

Dilansir dari The Telegraph, pasangan ini akan mengelilingi Kastil Windsor dengan kereta kuda untuk menyambut masyarakat yang mendukung pernikahan mereka.

Rute ini dirancang untuk memungkinkan publik agar dapat melihat dan memotret Harry dan Markle saat masih mengenakan gaun pernikahan secara bebas. Tradisi berkeliling ini sudah berlangsung secara berabad-abad di Kerajaan Inggris.

Selain itu, akan ada tradisi hormat pistol—dengan menembakkan pistol secara berirama ke udara—ditambah dengan para penjaga yang berbaris untuk menemani pengantin ketika berkeliling.

Dilansir dari royal.uk, tur tersebut akan dilakukan pada pukul 1 siang waktu setempat—perbedaan waktu antara Indonesia dan Inggris adalah 12 jam, di Indonesia mungkin sekitar pukul 1 pagi—dari Kapel St. George pasangan ini akan melewati jalan sepanjang Castle Hill, High Street, dan ke pusat kota Windsor sebelum kembali sepanjang Long Walk.

Seluruh prosesi diperkirakan akan memakan waktu 25 menit. Sementara itu, 600 tamu undangan akan makan siang di Hall Kastil Windsor bersama dengan Ratu Elizabeth.

Sekarang, jika Anda ingin melihat secara langsung prosesi tur keliling ini, Anda bisa memilih untuk datang ke tempat-tempat tadi dan pastikan datang lebih awal. Pasalnya, yang ingin melihat pernikahan Harry dan Markle jelas bukan Anda saja.

Jika Anda ingin melihat keduanya dari dekat, bisa memilih lokasi di The Long Walk. Jalan panjang ini akan memungkinkan Anda melihat menit-menit terakhir Harry-Meghan di kereta kuda sebelum kembali ke Kastil Windsor.

Anda juga bisa memilih untuk melihat kedua pasangan ini dari puncak bukit Snow Hill dan setelahnya Anda bisa berpiknik di sana.

Opsi lainnya, Anda bisa datang ke pusat kota untuk melihat siaran langsung ketika pasangan ini melewati Castle Hill, High Street, Sheet Street, Kings Road, Albert Road, dan Long Walk. Akan tetapi, Anda harus siap datang saat subuh karena dipastikan seluruh kota akan dipenuhi lautan manusia yang ingin melihat prosesi tersebut.

Tersedia juga kedai makanan dan fasilitas umum di sepanjang Long Walk dan Alexandra Gardens. Tempat bagi para difabel juga disediakan khusus di persimpangan Victoria Street dan Albert Road.

Pemerintah Inggris telah menyarankan agar para pengunjung tidak membawa tenda, hanya kursi lipat dan payung yang diperbolehkan untuk dibawa selama menonton.

Perhatikan pula ramalan cuaca pada hari itu dan siapkan diri dengan membawa banyak persediaan makanan, air, dan krim tabir surya. Informasi lebih lanjut akan dipublikasikan di situs Royal Borough of Windsor and Maidenhead Council.

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, dari tiga opsi parkir yang ditawarkan, sebagian besar pengendara harus menggunakan 6.000 tempat parkir khusus yang tersedia di Ground Review, Windsor Great Park, yang terletak di sebelah selatan Kastil Windsor dan pusat kota.

Tiket parkir harus dipesan terlebih dahulu dengan harga £30 atau sekitar US$40,68. Ingat, berlaku sistem pertama datang, pertama dilayani.

Parkir mobil ini buka pada pukul 4 pagi dan tutup pada pukul 10 malam. Meskipun di sebelah Long Walk, pengendara harus berjalan 25 menit ke tempat-tempat terdekat untuk melihat langsung prosesi tur pernikahan.

Pilihan parkir kedua disediakan oleh layanan 'Park and Float' Windsor Racecourse, yang juga harus dipesan terlebih dahulu. Ada 3.000 tempat yang tersedia dengan harga £30, serta paket parkir akhir pekan dan kesempatan untuk perjalanan ke jantung Windsor dengan menggunakan perahu sebesar £10.

Parkir mobil ketiga dapat ditemukan di The Windsor Boy's School, di mana pengendara dapat memarkir mobil berdasarkan urutan kedatangan pertama pada hari itu tanpa pemesanan sebelumnya.

Untuk mengakomodasi besarnya jumlah pengunjung pada hari H pernikahan, akan ada serangkaian penutupan jalan pada pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang pada jalan yang dilalui prosesi mulai Kamis (17/5) waktu setempat.

Lalu, dari pukul 10 malam pada Jumat (18/5) hingga Sabtu malam (19/5) waktu setempat, penutupan jalan akan diberlakukan di rute prosesi dan jalan-jalan sekitarnya. Dalam periode itu, penduduk di sekitar Kastil Windsor bisa tetap keluar dari daerah yang ditutup jalannya, tapi hanya kendaraan layanan darurat yang dapat masuk.

Sementara itu, akses ke tempat parkir di Long Walk tidak akan terpengaruh oleh penutupan jalan. Penutupan jalan di luar rute prosesi akan mulai berlaku sejak pukul 6 pagi pada Sabtu (19/5), termasuk Maidenhead Road, Clarence Road, Alma Road, St Leonards Road, Frances Road, Barry Avenue, dan Datchet Road.

Pihak berwenang setempat menyarankan untuk memeriksa langsung peta penutupan jalan untuk memeriksa kapan tepatnya jalan-jalan tersebut akan dibuka kembali pada Sabtu malam.

Tag : pangeran harry dan meghan markle
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top