Ilustrasi/Wowamazing
Health

Mengapa Penderita Hipertensi Disarankan Jauhi Garam? Simak Penjelasan Ahlinya

Yoseph Pencawan
Kamis, 17 Mei 2018 - 15:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kriteria makanan yang baik untuk kesehatan adalah adanya kandungan garam yang minim, khususnya bagi mereka yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Rina Ariani, Anggota Pakar Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan masyarakat untuk mengurangi kandungan garam dalam makanan sehari-hari.

"Masakan Indonesia cenderung lebih bergaram dibandingkan dengan masakan dari negara luar. Karena itu masakan Indonesia berasa banget," ujarnya, belum lama ini.

Memang, kata dia, dengan begitu makanan akan terasa lebih sedap, tetapi kandungan garam menjadi lebih tinggi dan tidak baik bagi kesehatan. Karena itu, secara medis disarankan untuk mengurangi penggunaan garam dalam makanan sebanyak 1 sendok teh sehari.

Saat memasak, tidak perlu setiap jenis masakan dibubuhkan garam sehingga secara total kandungannya akan tinggi. Mengapa garam tidak baik?

"Karena garam menarik air dan kalau menarik air beban jantung dan beban pembuluh darah lama-lama terlalu tinggi sehingga mengalamim atau memperparah penyakit darah tinggi."

Karena itu, bila seseorang ingin mengurangi tekanan darah, cara paling mudah adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Kemudian lebih mencermati makanan yang sering secara tidak disadari ternyata memiliki kandungan garam yang tinggi.

Misalnya, makanan yang mengandung MSG (Monosodium Glutamat). Mononatrium glutamat atau Monosodium glutamat, merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.

Makanan yang mengandung MSG terasa enak sekali, contohnya makanan yang mengandung banyak mecin. Namun setelah memakannya akan terasa haus karena menarik air dan inilah yang membuat tekanan darah menjadi tinggi.

Kemudian makanan kalengan. Menurut dokter Rina, salah satu cara pabrik-pabrik makanan kalengan melakukan pengawetan makanan adalah dengan cara mencampurkan garam. Karena itu akan sulit menjaga tekanan darah bila gemar memakan makanan kalengan.

Selanjutnya adalah makanan proses, seperti bakso, sosis, kornet kalengan dan lainnya, cenderung mengandung banyak sekali garam. Dan satu lagi adalah produk makanan yang sering tidak disadari mengandung garam tinggi yakni saos, termasuk kecap.

"Lebih baik, pakailah bumbu-bumbu yang kita punya. Kita punya banyak bumbu, Indonesia terkenal memiliki banyak bumbu untuk membuat sedap makanan, dibandingkan dengan menambah garam."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro