Ini Perbedaan Tiara dan Perhiasan yang Dikenakan Kate Middleton dan Meghan Markle

Sekilas, jika melihat tiara yang dikenakan Meghan Markle pada pernikahannya, Sabtu (19/5/2018), Anda mungkin akan bertanya dalam hati kenapa tiara yang menghiasi kepala Duchess of Sussex pada pernikahannya terlihat sederhana?'.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 21 Mei 2018 09:10 WIB
Meghan Markle (kiri) dan Kate Middleton (kanan) dengan gaun pernikahan dan aksesoris masing-masing. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sekilas, jika melihat tiara yang dikenakan Meghan Markle pada pernikahannya, Sabtu (19/5/2018), Anda mungkin akan bertanya dalam hati ‘kenapa tiara yang menghiasi kepala Duchess of Sussex pada pernikahannya terlihat sederhana?'.

Walaupun terlihat sederhana, tapi sejarah tiara ini sebenarnya cukup panjang. Tiara yang dikenakan Meghan adalah tiara berlian milik Ratu Mary, istri dari Raja George V.

Tiara ini tidak pernah diperlihatkan ke publik sejak dikenakan oleh Putri Anne pada 1965. Dilansir dari royal.uk, tiara tersebut dibuat pada 1932 sedangkan bros yang ada di tengah tiara dibuat pada 1893.

Tiara ini terbuat dari berlian dan platinum, berhiaskan berlian besar dan kecil. Sementara itu, bagian tengah tiara terdiri dari bros yang dapat dilepas dan terdiri dari sepuluh berlian.

Tiara itu dibuat untuk Ratu Mary dan dirancang secara khusus. Bros ini diberikan sebagai hadiah untuknya pada 1893 oleh County Lincoln pada pernikahannya dengan Pangeran George, Duke of York.

Tiara dan bros tersebut kemudian diwariskan kepada Ratu Elizabeth II pada 1953--yang kemudian dipinjamkan kepada Meghan dalam upacara pernikahannya dengan Pangeran Harry. Sebagai perhiasan tambahan, Meghan mengenakan anting dan gelang berlian dari Cartier.

Pada pernikahannya dengan Pangeran William pada 29 April 2018, Kate Middleton mengenakan ‘The Cartier Halo Scroll Tiara’. Tiara yang bertahtakan 739 berlian berpotongan brilian dan 149 berlian baguette ini dihadiahkan oleh Raja George VI kepada istrinya, Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon--yang kemudian lebih dikenal dengan panggilan Ibu Suri.

Dilansir dari Tatler, tiara ini kemudian dihadiahkan Ibu Suri kepada putrinya, Ratu Elizabeth II, pada perayaan ulang tahunnya yang ke-18. Sebelum Kate, Ratu Elizabeth II pernah meminjamkan tiara ini kepada Putri Margaret dan Putri Anne.

Untuk perhiasan yang dikenakan Kate pada hari pernikahannya, dia memakai anting yang dipesan khusus oleh keluarganya. Anting itu sekaligus menjadi hadiah pernikahannya.

Dilansir dari royalcollection.org, detail anting itu adalah perpaduan dari bentuk daun ek dengan dihiasi berlian berbentuk buah pir dan biji intan yang tergantung di tengahnya.

Tag : pangeran harry dan meghan markle
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top