Hati-Hati Cedera Bahu, Pemulihannya Bisa Sampai Setengah Tahun!

Beberapa jenis olahraga seperti golf, tenis, badminton, voli, sepak bola, dapat mengakibatkan cidera tangan dan bahu dan cidera paling sering terjadi pada otot dan sendi.
Yoseph Pencawan | 24 Mei 2018 04:04 WIB
Ilustrasi olahraga basket, salah satu yang berpotensi menimbulkan cedera bahu. - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa jenis olahraga seperti golf, tenis, badminton, voli, sepak bola, dapat mengakibatkan cedera tangan dan bahu dan cedera paling sering terjadi pada otot dan sendi.

Cedera bahu ringan dapat diatasi dengan melakukan peregangan dan fisioterapi, sedangkan cedera akibat peradangan otot dapat diatasi dengan istirahat, kompres es, analgesik serta terapi.

Namun, menurut Dokter Spesialis Bedah Ortopedi di Rumah Sakit Pondok Indah, Iman Widya Aminata, untuk cedera bahu dengan kondisi tertentu seperti otot robek atau dislokasi bahu, pasien memerlukan diagnosa dan penanganan yang lebih komprehensif.

Jika kondisinya sudah sangat serius, maka bisa jadi, perlu dilakukan tindakan pembedahan.

"Masa pemulihan pasca-operasi membutuhkan waktu hingga lima bulan yang meliputi masa proteksi, fase mobility untuk mengembalikan fleksibilitas bahu serta fase untuk meningkatkan kekuatan bahu," ungkapnya, Rabu (23/5/2018).

Yang terakhir, ujarnya, adalah fase di mana pasien dapat kembali melakukan aktivitas olahraga seperti semula. Dimulai dari latihan untuk non-contact sport, baru dilanjutkan dengan latihan untuk contact sport.

Sebenarnya tidak hanya tangan dan bahu, kaki juga rentan terhadap cedera olahraga, terutama bagi para pemain sepak bola dan basket.

Cedera olahraga pada kaki dan pergelangan kaki yang umum terjadi di antaranya adalah robeknya ligamen pergelangan kaki dan cedera tendon. Kemudian achilles, dislokasi tendon peroneal serta keluhan nyeri yang berhubungan dengan kondisi flatfoot atau kaki datar.

Tag : kesehatan, olahraga
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top