Barang Pribadi Milik Kurt Cobain akan Dipamerkan di Irlandia

Sebuah pameran yang didedikasikan untuk mendiang pentolan Nirvana Kurt Cobain akan dibuka di Irlandia bulan depan.
Mia Chitra Dinisari | 14 Juni 2018 13:26 WIB
Kurt Cobain - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah pameran yang didedikasikan untuk mendiang pentolan Nirvana Kurt Cobain akan dibuka di Irlandia bulan depan.

Dalam pameran itu akan ditampilkan pilihan barang-barang penyanyi rock grunge yang dikuratori oleh keluarganya.

Mulai dari sketsa dan gambarnya hingga pakaian dan mobil, akan ditampilkan dalam pameran berjudul"Growing Up Kurt Cobain" itu. Dari lusinan barang pribadi Cobain, beberapa diantaranya belum pernah dilihat oleh publik.

Putrinya, Frances Bean Cobain, dan ibu, Wendy O’Connor, akan menjadi salah satu kerabat yang menghadiri pembukaan di Museum Ikon Gaya di Newbridge, 50 km (30 mil) barat daya Dublin.

Cobain, yang memiliki leluhur Irlandia, meninggal pada tahun 1994 pada usia 27 tahun karena bunuh diri.

“Saya selalu menjadi orang yang paling akrab tentang siapa ayah saya oleh nenek dan bibi saya,” kata Frances Bean Cobain dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters.

"Aku sangat gembira bahwa pandangan mereka tentang siapa Kurt akan dirayakan dengan penggemar Nirvana di seluruh dunia."

Penggemar Cobain, yang mempopulerkan grunge rock di awal 1990-an, akan dapat melihat sweter hijau bergaris yang dipakainya di video untuk hit Nirvana tahun 1991 "Smells Like Teen Spirit" dan penghargaan MTV Video untuk lagu yang sama.

Gambar masa kecil penyanyi dari karakter kartun, lirik tulisan tangan dan mobil Dodge Dart 1965 berwarna biru juga akan dipajang.

“Dengan pameran ini kami berharap untuk membawa fokus kembali ke akar, visi, dan kejeniusan artistik Kurt, untuk menginspirasi semua orang agar tidak kehilangan kreativitas dan keajaiban anak mereka,” kata saudari Cobain, Kim Cobain.

Museum kecil di County Kildare memiliki pakaian yang dikenakan oleh orang-orang seperti Audrey Hepburn, Elizabeth Taylor dan Grace Kelly pada layar, dan sebelumnya telah menyelenggarakan pameran yang didedikasikan untuk Michael Jackson dan Prince.

Pemilik museum, William Doyle, yang juga kepala eksekutif pembuat perhiasan dan peralatan rumah tangga Newbridge Silverware, mengatakan ide pameran Kurt Cobain berasal dari persahabatannya dengan keluarga penyanyi.
"Keluarga memiliki perasaan bahwa mereka membawanya kembali ke rumah," katanya.

“Growing Up Kurt Cobain” dibuka pada 19 Juli dan berlangsung hingga akhir September.

Sumber : Reuters

Tag : nirvana
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top