LAPORAN DARI JEPANG (2) : Tamasya Belanja Barang Bermerek di Gotemba

Konsep pertokoan Gotemba Premium Outlet ini sepintas mirip kawasan outlet Benlux atau La Valee Village di Paris. Namun, pengunjung di Gotemba relatif leluasa memilih barang, tidak perlu mengantre dan dibatasi waktunya seperti di La Valee Village.
Fatkhul Maskur | 27 Juli 2018 23:00 WIB
Pengunjung di Gotemba relatif leluasa memilih barang, tidak perlu mengantre dan dibatasi waktunya seperti di La Valee Village. - Bisnis.com/Fatkhul Maskur

Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang telah berlangsung selama 6 dasawarsa. Tahun ini, persahabatan kedua negara diperingati dengan berbagai kegiatan, termasuk Festival Indonesia yang akan digelar di Hibiya Park, Tokyo, 28—29 Juli 2018. Dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan Indonesia–Jepang, saya dan beberapa jurnalis dari Indonesia berkunjung ke Tokyo atas undangan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia—pabrikan mobil yang 95% sahamnya dimiliki oleh Toyota Motor Corporation (TMC). Sebelum acara Festival Indonesia digelar, kami berkesempatan mengunjungi sejumlah objek wisata dan tempat menarik yang ada di Negeri Sakura. 

Berikut ini laporannya.

***

Setelah melihat pemandangan Gunung Fuji dan kesejukan udara di lembah Oshina Hakkai, perjalanan dilanjutkan ke telapak kaki gunung: Gotemba. Ini adalah satu dari tiga kota yang mengelilingi gunung tertinggi di Jepang itu. Gotemba berada di kaki gunung sebelah timur, adapun Fuji-Yoshida  di utara, adapun Fujinomiya di barat daya.

Salah satu yang menarik di kota ini adalah kawasan outlet barang bermerek terkenal. Gotemba Premium Outlet. Ini adalah salah satu dari sembilan pusat pertokoan di Jepang, dan Gotemba merupakan yang terbesar. Terdapat 210 toko, yang menjual aneka produk fashion, barang elektronika, perkakas kebutuhan rumah tangga, hingga makanan dan café.

Beberapa merek fashion, di antaranya Elle, Chloe, Cricket, Diesel, Lacoste, Saint Laurent,  hingga Valentino.  Ada pula Abete, Bally, Samsonite, Seiko, Swatch, Tag Heuer, Triumph, hingga Zerro Hallibuton.

Buat yang berburu sepatu dan produk sport ada pula merek Adidas, Callaway, Nike, Puma, Reebok, Timberland, hingga Under Armour. Ada pula merek peralatan dapur berkualitas Bodum, ada merek alat rumah tangga Dyson, adapun merek peralatan fotografi dan kamera Nikon.

Konsep pertokoan Gotemba Premium Outlet ini sepintas mirip kawasan outlet Benlux atau La Valee Village di Paris. Namun, pengunjung di Gotemba relatif leluasa memilih barang, tidak perlu mengantre dan dibatasi waktunya seperti di La Valee Village.

Keaslian produk-produk di Gotemba sudah jaminan, namun tidak semua barang yang dijual merupakan model terbaru. Harga produk di Gotemba juga relatif miring, beruntung lagi kalau ada diskon. Harganya bisa lebih miring bila didapat voucher diskon tambahan yang bisa didapat di kantor informasi.

Nah, bagi yang waktunya terbatas buat belanja—terutama turis, alangkah baiknya apabila dibuat list dulu barang apa dan merek apa yang ingin dicari. Kemudian, manfaatkanlah brosur peta untuk mencari outlet yang dituju sehingga bisa berhemat waktu, karena kawasan ini relatif luas.

Selain brosur yang bisa didapat di gerbang masuk kawasan, pengunjung juga bisa mendapatkan daftar toko dan informasi seputar pusat perbelanjaan ini di situs resminya: premiumoutlets.co.jp. Ini penting agar waktu berbelanja efektif.

Sebagian besar brand yang ada di Gotemba Premium Outlet ini bebas pajak. Artinya, ada yang tidak tax free. Oleh karena itu perlu mencermati brosur, toko-toko  mana yang  bebas pajak dan merek apa yang tetap dikenai pajak.

Selain itu, pembebasan pajak dibatasi belanja minimal tertentu. Jadi, kalau belanjanya di bawah batas minimal, strateginya digabung dengan temannya saja.  Toko-toko di Gotemba tentu saja menerima pembayaran cash, juga dengan menggunakan kartu kredit.

Gotemba Premium Outlet dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 malam. Khusus pada musim dingin yakni Desember - Februari, Gotemba Premium Outlet akaan tutup lebih cepat, yakni pukul 19.00.

Untuk memudahkan para pembelanja, Gotemba dilengkapi dengan fasilitas koin loker untuk penitipan barang-barang yang tarifnya bervariasi sesuai dengan ukuran, 300 yen sampai dengan 700 yen.

Tak hanya berbelanja, Gotemba memiliki Ferris Wheel setinggi 50 meter, yang bisa dinikmati pengunjung.  Mereka yang menaiki wahana ini bisa melihat keseluruhan pemandangan Gotemba, juga menyaksikan kemegahan Gunung Fuji.

Itulah Gotemba. Yukk bertamasya belanja …!

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top