Kelompok Orkestra asal Spanyol Ocas Workoshop di Kampus di Ambon

Kelompok orkestra Ocas dari kota Asturias, Spanyol dalam rangkaian konser Vinculos Untuk Indonesia 2018 di Kota Ambon Provinsi Maluku, menggelar workshop musik dan konser mini bersama para dosen dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kota Ambon.
Mia Chitra Dinisari | 03 Agustus 2018 15:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kelompok orkestra Ocas dari kota Asturias, Spanyol dalam rangkaian konser Vinculos Untuk Indonesia 2018 di Kota Ambon Provinsi Maluku, menggelar workshop musik dan konser mini bersama para dosen dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kota Ambon.

Pemimpin sekaligus konduktor orkestra OCAS, Manuel Vasquez dalam kesempatan istimewa ini menyampaikan rasa terima kasih dan kekaguman atas keramahtamahan serta antusiasme dosen, mahasiswa dan pelajar yang terlibat dalam workshop musik yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut.

"Kota Ambon dan masyarakat Maluku punya banyak potensi musik yang luar biasa. Kami juga berkesempatan untuk mengunjungi Negeri Hutumuri yang indah dan berlatih bersama Paduan Tahuri untuk persiapan Konser Terbuka besok," ujarnya dalam siaran persnya.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Ambon, Dr. Hasbollah Toisuta menyampaikan, menyambut baik kunjungan kelompok orkestra OCAS dari Spanyol ini. IAIN Ambon selalu terbuka untuk menerima siapapun yang datang, baik untuk berbagi pengetahuan maupun sharing informasi pembangunan di berbagai bidang ilmu termasuk soal musik.
 
"Sebagai kampus Islam, dengan kerjasama dan ikatan hubungan baik yang terjalin, membuktikan bahwa kampus ini memiliki berbagai potensi untuk merawat kebhinekaan antar bangsa dan agama, berupa potensi kultural.” ujar Hasbollah.
 
Sementara itu Rektor Institut Agama Kristen Negeri, Agusthina Christina Kakiay mengatakan bahwa IAKN begitu senang dan berterimakasih atas kehadiran kelompok orkestra OCAS di kampus. Lawatan yang tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa kampus, namun juga diiikuti oleh para pelajar sekitar Kota Ambon, antara lain SMAN 1, SMK 7 dan SMPN 4 ini menurut Agusthina begitu bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan penguasaan alat musik dan musik orkestra.

Grup okestra Ocas juga akan berkolaborasi bersama musisi lokal dan masyarakat Ambon dengan menggelar flash mob atau tarian massal di Maluku City Mall serta konser besar di Taman Budaya Ambon.

Sementara itu berbagai kegiatan seni dan budaya lainnya juga digelar di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong seperti loka karya, kunjungan sosial, tarian massal dan konser kolaborasi.

Beberapa agenda istimewa di Sulawesi Tengah ini meliputi konser kolaborasi bersama Palu Percussion yang akan diselenggarakan di Taman Hutan Kota Kaombona serta konser di Festival Vula Dongga di Kabupaten Parigi Moutong.

 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musik

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top