Air Susu Ibu. /Bisnis.com
Health

Paparan Asap Rokok Pengaruhi Durasi Ibu Menyusui

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 7 Agustus 2018 - 14:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa menyusui bagi para ibu umumnya yang ideal adalah selama 6 bulan. Karena itulah disebut sebagai masa ASI eksklusif.

Tapi, ada juga ibu yang mengalami kesulitan menyusui karena beberapa faktor.  Salah satunya adalah kebiasaan merokok pada ibu menyusui.

Sebuah penelitian menyebutkan ibu menyusui yang terpapar asap rokok di rumah mereka dapat berhenti menyusui lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak terpapar asap rokok.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Breastfeeding Medicine itu, menemukan bahwa paparan terhadap perokok rumah tangga memiliki efek negatif yang substansial terhadap praktik menyusui.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa hanya berada di lingkungan perokok atau dirinya sendiri perokok mengurangi waktu menyusui ibu pada bayinya,"  kata penulis utama Marie Tarrant, profesor di University of British Columbia's Kampus Okanagan di Kanada.

"Bahkan, semakin banyak perokok di rumah, semakin pendek durasi menyusui," tambah Tarrant.

Untuk penelitian ini, tim peneliti melibatkan lebih dari 1.200 wanita dari empat rumah sakit besar di Hong Kong.

Para peneliti menemukan bahwa lebih dari sepertiga peserta memiliki pasangan atau anggota rumah tangga lain yang merokok. Dan ayah yang merokok jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memilih menyusui bila dibandingkan dengan pasangan yang tidak merokok. Namun, penelitian itu tidak menjelaskan hubungan antara paparan asap rokok dengan durasi lamanya menyusui ibu pada bayinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro