Ingin Rambut Tetap Bersinar dan Sehat? Coba Gunakan Minyak Esensial Lavender

Kotoran, polusi, dan penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia sering kali membuat rambut menjadi kusut dan kasar. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan vitamin rambut yang terbuat dari minyak esensial.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 18 September 2018 12:03 WIB
Minyak esensial lavender. - rd.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kotoran, polusi, dan penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia sering kali membuat rambut menjadi kusut dan kasar. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan vitamin rambut yang terbuat dari minyak esensial.

Minyak rambut akan melembabkan dan melembabkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak rambut juga membantu meningkatkan kualitas rambut.

Meskipun banyak variasi minyak rambut yang kini dijual di pasaran, minyak rambut yang paling cocok untuk digunakan pada semua jenis rambut adalah minyak esensial lavender.

Seperti namanya, minyak ini diekstrak dari bunga lavender melalui proses distilasi uap. Minyak ini digunakan secara umum untuk menjadi bahan aromaterapi, gel, lotion, dan produk perawatan bayi.

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat minyak esensial lavender istimewa untuk perawatan rambut. Seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (18/9/2018), minyak esensial lavender adalah salah satu minyak rambut yang paling serbaguna.

Dia dikenal karena efek relaksasi pada kulit kepala dan segudang manfaat lainnya, yaitu:

1. Minyak ini akan sangat membantu bagi mereka yang bermasalah dengan kutu rambut karena kandungannya dapat mematikan kutu dan telurnya dari rambut
2. Mencegah kerontokan rambut
3. Mempercepat pertumbuhan rambut
4. Membuat rambut Anda berkilau
5. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda
6. Memiliki sifat anti-jamur
7. Mengobati ketombe secara efektif
8. Mencegah pertumbuhan uban

Berikut adalah cara-cara memaksimalkan fungsi minyak esensial lavender guna membuat rambut menjadi sehat dan berkilau:

1. Untuk rambut rontok
Bahan: 1 sendok makan minyak esensial lavender dan 2 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat: Campurkan kedua bahan ke dalam mangkuk kecil. Diamkan selama beberapa menit atau sekitar sepuluh menit. Oleskan ke kulit kepala dan rambut, lalu pijat kepala selama 15 menit dan diamkan semalaman. Cuci rambut dengan menggunakan sampo halus lalu gunakan kondisioner. Ulangi penggunaannya sekali sepekan untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Untuk menumbuhkan rambut
Bahan: 1/2 sendok makan minyak esensial lavender, 1/2 sendok makan minyak rosemary, 2 tetes minyak daun timi, 1/2 sendok makan minyak jojoba, 2 tetes minyak kayu cedar, dan 1/2 sendok makan minyak biji anggur

Cara membuat: Campur semua bahan ke dalam mangkuk kecil. Oleskan ke kulit kepala dan rambut, lalu pijat kepala selama sepuluh menit. Bungkus kepala dengan handuk hangat selama 30 menit. Setelah itu, cuci bersih kepala dengan sampo dan gunakan kondisioner ringan. Ulangi setidaknya selama 14-16 pekan, 1 kali setiap pekan, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Untuk membuat rambut Anda berkilau
Bahan: 2 sendok makan minyak kelapa murni dan 1 sendok makan minyak esensial lavender

Cara membuat: Campurkan kedua bahan ke dalam mangkuk kecil. Diamkan selama beberapa menit atau sekitar sepuluh menit. Oleskan ke kulit kepala dan rambut, lalu pijat kepala selama 15 menit dan diamkan semalaman. Cuci rambut dengan menggunakan sampo halus lalu gunakan kondisioner. Serum rambut bisa digunakan setelah rambut setengah kering. Ulangi penggunaannya dua kali sepekan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rambut, tips sehat

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top