Survei: Generasi Y Paling Banyak Alokasikan Anggaran untuk Liburan

Dwidayatour merilis hasil survey terkini yang melibatkan lebih dari 1.200 traveler Indonesia tentang minat mereka dalam merencanakan wisata yang seru.
Anitana Widya Puspa | 20 September 2018 09:26 WIB
Ilustrasi - Julemag

Bisnis.com, JAKARTA-- Dwidayatour merilis hasil survey terkini yang melibatkan lebih dari 1.200 traveler Indonesia tentang minat mereka dalam merencanakan wisata yang seru.

Riset ini membagi kategori konsumen berdasarkan tiga rentang usia, yaitu Gen Z (18-23 tahun), Gen Y (24-41 tahun) serta Gen X (42-52 tahun).

Dari survei tersebut terungkap bahwa generasi yang paling banyak mengalokasikan anggaran untuk liburan adalah generasi Y. Berdasarkan survei, pada Generasi Y, sebanyak 39% responden menyediakan anggaran kurang dari Rp10 juta per tahun, sedangkan  32% dari mereka menganggarkan Rp10-20 juta per tahun untuk liburan.

Sementara itu, dari 72% responden dari Generasi Z mengakui bahwa mereka menyediakan bujet kurang dari Rp10 juta per tahun untuk liburan. Hanya 20% yang mengalokasikan bujet Rp10-20 juta per tahun.

Sebanyak 27% responden dari Generasi X mengalokasikan dana liburan Rp10-20 juta per tahun dan 24% menyediakan kurang dari Rp10 juta per tahun. Secara umum, 49% traveler Indonesia menyediakan kurang dari Rp10 juta  per tahun dan 28% mengalokasikan Rp10-20 Juta per tahun untuk liburan.

Sementara itu pilihan wisata dengan kapal pesiar ternyata merupakan liburan impian traveler Indonesia. 52% Responden menyatakan ingin menikmati liburan di samudra dengan kapal pesiar. Dan sebanyak 90% responden menyatakan belum pernah naik kapal pesiar. Yang menarik, pilihan liburan ini ternyata menndominasi semua kelompok usia. Alternatif lain yang diiinginkan adalah liburan dengan paket tur ke suatu negara (24%) dan menginap di hotel unik dengan pemandangan alam (10%).

“Liburan dengan kapal pesiar memang sedang menarik perhatian traveler Indonesia. Mereka ingin menikmati liburan dan atraksi-atraksi menarik di tengah samudra, dan merasakan pengalaman baru yang jarang ditemukan saat berwisata di daratan. Terbukti, sebanyak 79% responden menyatakan bahwa alasan mereka belum pernah menikmati kapal pesiar adalah faktor harga yang relatif mahal. Tetapi dengan alasan ingin menikmati pengalaman berbeda (71%), mereka tetap memimpikan liburan dengan kapal pesiar ini,” ujar Hendriyapto, VP Commercial Dwidayatour.

Ia menambahkan, kapal pesiar menawarkan sensasi berbeda dengan menawarkan kunjungan ke lokasi atau pulau-pulau baru, serta atraksi-atraksi menarik di atas kapal dan di darat. Selain menikmati pemandangan samudra luas, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan angkasa berbintang dari tengah laut dengan keindahan tak tertandingi.

Pengalaman yang sulit dilupakan oleh anak, remaja bahkan orang tua juga dapat dinikmati di atas kapal pesiar, karena tersaji hiburan serta aktivitas yang beragam. Inilah yang membuat liburan gaya ini semakin diminati para traveler.

Sementara itu, destinasi Eropa (Mediterania/Non Mediterania) menjadi favorit traveler Indonesia (27%). Selain destinasi tersebut, Generasi Z ternyata juga sangat berminat mengunjungi Jepang, Korea dan Hong Kong dengan kapal pesiar. Generasi ini juga lebih menyukai liburan dengan kapal pesiar selama 6-8 hari (40%). Sementara Generasi X (47%) dan Y (44%) lebih memilih 3 hingga 5 hari.

Bagi Generasi Z, internet merupakan fasilitas utama yang paling diharapkan eksis dalam kapal pesiar (77%). Selain itu, fasilitas lain yang diminati adalah pool & jacuzzi serta suite & balcony cabins. Ketiganya juga menjadi fasilitas yang diharapkan oleh Generasi X dan Y, dengan urutan prioritas yaitu suite & balcony cabins, akses internet serta pool & jacuzzi.

Untuk mempersiapkan rencana liburan dengan kapal pesiar, traveler Indonesia ternyata membutuhkan waktu 4-6 bulan (25%). Dan 21% mengaku mempersiapkan diri sejak 1-3 bulan sebelumnya. Mereka berniat akan berwisata dengan keluarga (49%) dan pasangan (29%). Bahkan Generasi Z yang ingin berlibur di kapal pesiar bersama keluarga juga mendominasi (48%). Berapa besar bujet yang dianggarkan untuk naik kapal pesiar? 54% Responden menyatakan kurang dari Rp10 juta, dan 30% mengaku mempersiapkan Rp10-20 juta.

Sementara itu, Dwidayatour akan menggelar event Dwidayatour Carnival yang bekerjasama dengan Singapore Airlines dan BCA di Main Atrium, PIK Avenue, Jakarta Pada tanggal 21-23 September 2018.

Ajang ini akan menyediakan tiket, akomodasi dan paket tur dengan harga fantastis dan hadiah utama Europe River Cruise bersama Avalon Waterways, Parade Cruise Murah Buy 1 Get 1, hingga Kejutan Promo untuk pembelian paket Cruises melalui Instagram hanya Rp2,9 juta sedangkan untuk promo tiket pesawat, Jakarta-Singapore PP mulai dari Rp1,8 jutaan, Jakarta-Hong Kong mulai dari Rp. 3,1 jutaan, dan Jakarta – Eropa mulai dari Rp8,7 jutaan.

Selain itu Dwidayatour memberikan destinasi populer dengan harga yang menggiurkan ditambah lagi dengan adanya BCA sebagai bank partner yang memberikan tambahan promo seperti cicilan 0% hingga 6 bulan bagi para traveler yang memiliki kartu kredit BCA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
traveling

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top