Begini Cara Cegah Dampak Buruk Sinar UV bagi Kesehatan Mata

Untuk mencegah dampak buruk sinar ultraviolet terhadap kesehatan mata, banyak hal yang harus dilakukan antara lain menggunakan kacamata yang memberikan perlindungan dari sinar UV.
Dewi Andriani | 25 September 2018 01:04 WIB
Kaca mata hitam - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mencegah dampak buruk sinar ultraviolet terhadap kesehatan mata, banyak hal yang harus dilakukan antara lain menggunakan kacamata yang memberikan perlindungan dari sinar UV.

Selain menjadi aksesoris penunjang penampilan, kacamata dengan 100% UV Protection merupakan penangkal radiasi yang paling ampuh. Sebab, kacamata mampu menyaring sinar UV dan melindungi mata secara keseluruhan, tidak hanya pada bagian bola mata tetapi juga kulit di sekitar mata.

“Sinar UV ini juga dapat menyebabkan penuaan kulit di sekitar mata yang memunculkan kerut halus, dengan menggunakan kacamata maka perlindungan akan lebih menyeluruh,” tutur Dokter spesialis mata dari RS Cipto Mangkusoma Astrianda N Suryono.

Selain kacamata, penggunaan topi juga dapat melindungi mata dari sengatan matahari secara langsung. Meskipun perannya tidak sebesar kacamata dengan 100% UV Protection, topi dapat mengurangi paparan langsung matahari.

“Jangan lupa untuk tetap menjalani pola hidup sehat, mengonsumsi vitamin tidak hanya vitamin A yang dikenal sangat baik bagi kesehatan mata tetapi perlu mengonsumsi multivitamin,” tuturnya.

Astri juga menyarankan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari terutama pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB karena saat itu sinar UV-B memiliki intensitas yang paling tinggi.

Tag : mata
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top