Ingin Investasi Ruko? Ini Langkah Strategisnya

Investasi di sektor properti masih menjadi salah satu primadona salah satunya untuk rumah toko alias ruko.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 07 November 2018 13:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi di sektor properti masih menjadi salah satu primadona salah satunya untuk rumah toko alias ruko.

Lesunya pasar properti terbukti tidak banyak berdampak pada tingginya minat orang berinvestasi ruko. Selain fungsi yang banyak, ruko juga semakin dibutuhkan dalam pembukaan kawasan-kawasan baru.

Berikut sejumlah tips  strategi memilih ruko untuk Anda yang sedang mencari peluang investasi properti.

1. Pastikan Tujuan Membeli Ruko
Sebelum membeli ruko Anda perlu memastikan dulu tujuan Anda melakukan pembelian, apakah pasti untuk investasi, ditempati, atau bahkan dikelola sendiri, bisa juga untuk memperoleh capital gain saja. Meskipun begitu setiap tujuan yang anda miliki tentu tidak mutlak sama satu dengan yang lain. Jika Anda masih bingung dan ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan atau agen properti agar pilihan  sejalan dengan tujuan Anda.

2. Lokasi Strategis
Selanjutnya, Anda harus mencari lokasi strategis sesuai dengan tujuan. Alasannya, lokasi strategis pasti memegang peranan penting dalam keberlangsungan bisnis Anda nantinya. Misalnya saja, ruko yang berada dalam kompleks perumahan bisa menjadi pilihan. Hal ini sering dengan tren di kalangan pengembang yang banyak membangun ruko di kawasan perumahan atau apartemen. Oleh sebab itu, jika semakin banyak penghuni di kawasan itu, makan ramai juga peluang bisnis Anda terutama jika usaha Anda sangat berkaitan dengan kebutuhan penghuni.

3. Akses Mudah
Selain lokasi strategis di perumahan, namun tanpa akses yang memadai tidak menjamin akan memberi dampak terhadap keberhasilan bisnis Anda. Akses yang sulit dijangkau membuat calon konsumen enggan pergi ke lokasi ruko Anda. Maka, Anda perlu mempertimbangkan aksesibilitas caranya dengan memastikan semua kendaraan bisa menjangkau ruko Anda. Selain itu, kondisi infrastruktur seperti jalan yang rusak bisa membuat calon konsumen menghindari area ruko Anda. Sehingga Anda perlu melihat jalanan yang kondisinya baik.

4. Jaminan Keamanan
Selain akses mudah, lokasi strategis, dan tujuan, selanjutnya Anda perlu memastikan keamanan terjamin di lokasi tempat ruko Anda. Keamanan sangat penting karena menyangkut kenyamanan  dalam menjalankan bisnis nantinya. Selain itu, lokasi yang aman menjadi nilai tambah bagi ruko , sehingga calon konsumen pun lebih merasa nyaman. Untuk mengetahui informasi keamanan, Anda perlu bertanya kepada lingkungan sekitar dan juga kepada instansi keamanan setempat yang memiliki wewenang menjaga keamanan kawasan ruko.

5. Mempelajari Harga
Sebelum melakukan transaksi pembelian ruko, perlu meninjau harga ruko. Anda jangan mudah tergiur dengan harga ruko yang murah, namun tidak sesuai dengan empat kriteria sebelumnya. Anda harus mempertimbangkan apakah harga yang ditawarkan itu tergolong wajar atau tidak, dan apakah itu cocok dengan bujet Anda. Oleh sebab itu, perlu melakukan perbandingan dengan ruko sekelas yang berada di satu kawasan.

6. Legalitas Kawasan
Selanjutnya, Anda perlu mengecek legalitas kawasan tempat akan membeli ruko. Anda perlu memastikan apakah ruko dan area sekitarnya memiliki legalitas yang abash agar tidak menjadi beban masalah atau sengketa lahan di kemudian hari.

Tag : ruko, tips bisnis
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top