Fashion

Tips Menabung Saat Harus Bayar Angsuran Kredit Setiap Bulan

MediaDigital
Jumat, 16 November 2018 - 12:00
Bagikan

Tidak bisa dipungkiri kalau banyak orang yang punya mimpi untuk memiliki sesuatu. Mereka pun bisa mendapatkanya semua mimpi itu dengan cara mencicilnya. Tidak ada yang salah dengan memiliki angsuran kredit tiap bulan.

Namun, masih banyak juga orang yang punya tagihan bulanan mengaku tidak bisa lagi menyisihkan uangnya untuk ditabung. Tenang saja karena tidak ada yang tidak mungkin. Anda tetap bisa menabung saat masih harus bayar angsuran kredit setiap bulannya.

Caranya? Simak di bawah ini!

  1. Mencatat Semua Angsuran Kredit yang Wajib Dibayar

Tidak ada orang yang terpuruk karena berutang. Yang ada, orang semakin hancur karena tidak membayar angsuran dari utang-utang mereka. Jadi, pertama yang harus Anda lakukan adalah bijaksana dengan yang namanya utang tersebut.

Buat sebuah list dari utang-utang Anda secara detail, mulai dari tanggal penagihan, jatuh tempo, juga tenor tenggang waktunya. Mengetahui semua kewajiban akan buat seseorang bisa lebih bijaksana dalam mengambil langkah. Tentunya, kamu tidak akan kembali berutang saat uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya cukup banyak.

  1. Membayar Angsuran Kredit Pertama, Menabung Selanjutnya

Tak ada yang meminta Anda untuk menyisihkan uang di awal tanggal gajian. Yang harus dilakukan pertama kali adalah membayar semua angsuran kredit yang Anda punya.

Dibanding dengan kebutuhan lainnya, angsuran kredit punya urgensi yang lebih tinggi dibandingkan semua kewajiban Anda setiap bulan. Karena itu, selalu bayar angsuran kredit pertama kali sebelum mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya.

Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya adalah menyisihkan sebagian kecil uang Anda untuk ditabung. Bahkan, Anda seharusnya punya tabungan beradaskan kategorisasinya. Sebut saja, tabungan hari tua, tabungan liburan, dan tabungan pendidikan anak.

Angkanya Anda yang menentukan. Tidak masalah kecil, tapi Anda menabung serutin membayar angsuran kredit.

  1. Mencari Pendapatan Tambahan

Di era digital ini, tidak sulit untuk mencari pendapatan tambahan. Anda bisa memanfaatkan semua teknologi yang Anda punya untuk menghasilkan pundi-pundi uang bulanan yang akhirnya bisa Anda tabung. Memulai profesi blogger jadi langkah yang cukup mudah untuk dilakukan.

Kalau Anda penikmat layanan pesan antar makanan dengan menggunakan aplikasi di smartphone, berarti Anda bisa melakukannya juga untuk bisnis sampingan Anda. Pastinya, media sosial pun bisa buat Anda mendapatkan pendapatan tambahan dengan berjualan di sana atau menjadi endorsement.

  1. Menabung dengan Sistem Autodebet

Membayar angsuran kredit memang ada baiknya dilakukan secara autodebet. Asal dengan saldo yang cukup di rekening, Anda terbebas dari pembayaran melewati jatuh tempo. Sama halnya saat Anda akan menabung, fitur autodebet untuk menabung pastinya akan membantu Anda dalam menyisihkan penghasilan.

Buat pendebetan dilakukan satu atau dua hari setelah tanggal gajian supaya uang Anda selamat sebelum keperluan-keperluan tidak terduga lainnya muncul. Pastikan Anda perhatikan juga besaran pendebetan. Lebih baik memperpanjang tenggang waktu menabung dibanding memperbesar jumlah pendebetan.

  1. Tidak Telat Membayar Angsuran Kredit Tiap Bulan

Membayar angsuran kredit tepat waktu berarti tak menambah beban finansial bulanan. Pastinya, Anda akan terhindar dari denda-denda keterlambatan yang kadang-kadang dihitung harian. T

anpa tambahan biaya berarti Anda tidak perlu menghitung ulang pengeluaran setiap bulan. Jadi, pastikan Anda selalu mendahulukan pembayaran angsuran kredit saat masuk tanggal penagihan.

Supaya Anda tidak terlambat, baiknya Anda mencatat semua angsuran kredit setiap bulan dan manfaatkan pembayaran via Traveloka. Di sana, Anda bisa memanfaatkan fitur pembayaran tagihan multifinance, termasuk angsuran kredit setiap bulannya.

Anda tidak perlu repot-repot mengantre atau datang ke loket-loket pembayaran cicilan. Cukup memasukkan nomor pelanggan dan pilih penyedia jasa kredit. Anda bisa membayar angsuran kredit dari berbagai leasing, mulai dari FIF, BAF, Mega Finance, dan WOM Finance. Anda pun tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja bahkan di menit-menit akhir sebelum tanggal jatuh tempo.

Dengan Traveloka, Anda pun bisa bayar angsuran kredit dengan mudah dan mengatur keuangan dengan lebih baik lagi. Siapa tahu, tabungan Anda nantinya bisa digunakan untuk pergi berlibur bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami