Begini Caranya Hadapi Pekerjaan yang Penuh Tekanan

Burn out merupakan istilah psikologi yang menggambarkan perasaan gagal, lelah emosi, lelah fisik yang terjadi karena tingginya tekanan atau tuntutan. 
Tika Anggreni Purba | 19 November 2018 11:19 WIB
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA—Burn out merupakan istilah psikologi yang menggambarkan perasaan gagal, lelah emosi, lelah fisik yang terjadi karena tingginya tekanan atau tuntutan. 

Burn out dalam pekerjaan juga sering terjadi pada pekerja yang bekerja di bawah tekanan yang tinggi.

Bagaimana caranya agar pekerjaan yang penuh tekanan tak bikin burn out? Simak caranya dilansir lifehack.org berikut ini:

1.  Cegah burn out dengan re-charge energi

Umumnya orang yang bekerja lebih dari 50 jam selama satu minggu sangat mudah mengalami burn out. Namun, keadaan ini bisa diatasi. Caranya adalah dengan menyediakan waktu untuk mengisi kembali energi terkuras.

Upayakan untuk mengambil waktu untuk rileks kapan saja pada waktu yang memungkinkan. Tidak harus melakukan apa-apa, hanya rileks sama sejenak.

2. Manfaatkan fasilitas kantor

Apabila Anda harus terus- menerus di kantor, cobalah memanfaatkan fasilitas atau program dari kantor seperti gym, kelas yoga, atau tidur siang sejenak. Kalau kantor Anda tidak memiliki fasilitas untuk re-charging seperti itu, usulkan pada perusahaan segera.

3. Bekerja sama dengan tim

Salah satu penyebab utama dari burn out adalah menanggung segala beban kerja sendiri. Jangan sungkan meminta bantuan rekan kerja atau rekan dalam tim. Hal ini bisa meningkatkan kerja sama antar-anggota tim sehingga pekerjaan lebih cepat dibereskan.

4. Buat prioritas

Performa kerja dalam pekerjaan yang penuh tekanan paling dipengaruhi prioritas. Cobalah daftarkan prioritas pekerjaan yang harus diutamakan terlebih dahulu.

5.  Jangan menunda

Musuh terbesar dari bekerja dengan prioritas adalah menunda. Ketika Anda mulai menunda sebuah pekerjaan, rencana kerja Anda akan berantakan. Penyebab utama burn out adalah manajemen waktu dan manajemen pribadi yang tidak tepat. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah jangan menunda!

6.  Refleksi diri

Apabila sudah ada tanda-tanda Anda mengalami burn out seperti mulai merasa kelelahan, mudah tersinggung, atau kewalahan dalam pekerjaan,  mungkin saatnya mengambil waktu untuk refleksi diri. Saatnya melihat seluruh pekerjaan dengan gambar yang lebih besar dan detail.

7.  Prioritaskan diri Anda

Sekalipun Anda bekerja di bawah tekanan, jangan lupa memprioritaskan diri Anda. Artinya, berikan perhatian untuk diri Anda untuk beristirahat, makan makanan sehat, olahraga, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. 

Tag : karier
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top