Bekraf Bikin Festival Indikasi Geografis Pertama di Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan festival Indikasi Geografis (IG) yang merupakan festival kali pertama bertemakan IG di Indonesia, berlangsung di Hotel Pullman Jakarta dan Tribeca Park, Central Park Jakarta.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 08 Desember 2018  |  15:31 WIB
Bekraf Bikin Festival Indikasi Geografis Pertama di Indonesia
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf memberikan sambutan pada Outlook Conference 2019 di Jakarta, Rabu (17/10/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan festival Indikasi Geografis (IG) yang merupakan festival kali pertama bertemakan IG di Indonesia, berlangsung di Hotel Pullman Jakarta dan Tribeca Park, Central Park Jakarta. 

Ari Juliano Gema selaku Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi dalam sambutannya mengatakan, festival yang berlangsung pada Sabtu (8/12/2018) ini merupakan bukti Bekraf menaruh perhatian serius terhadap pengembangan produk IG yang sebagian besar adalah bahan baku sub sektor ekonomi kretif seperti kuliner, fashion, dan kriya. 

"Kegiatan ini memamerkan 61 booth produk IG Indonesia yang telah terdaftar, ada pameran repackaging produk-produk IG oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), live performances dari Tompi dan Ten2Five, demo masak dengan produk-produk IG, fashion show dengan busana dari hasil kegiatan inovatif dan kreatif kolaborasi Nusantara (Ikkon)," kata Ari, di sela Festival IG. 

Bahkan, Ari mengutarakan, dalam demo memasak nanti, koki yang memasak menggunakan salah satu bahan baku produk hasil IG yaitu susu dari kuda Sumbawa. 

Menurutnya, ini peristiwa bersejarah dalam pengembangan produk IG di Indonesia karena bahan lokal dalam negeri untuk masakan nusantara.

"Chefnya berstatus internasional, nanti membuat soto betawi dengan susunya dari kuda Sumbawa. Produk dari kuda Sumbawa sudah memiliki sertifikat IG," kata Ari. 

Produk IG menjadi istimewa, kata dia, karena setiap produknya menunjukkan keterkaitan erat dengan daerah asalnya karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor, alam, manusia dan kombinasi keduanya untuk memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada produk IG-nya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
badan ekonomi kreatif, Bekraf

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top