Manfaat Bermain untuk Anak dan Orangtua

Bermain merupakan agenda penting yang harus dilewati anak saat masih belia. Di samping sebagai kegiatan menyenangkan, permainan bisa menambah kedekatan antaranak dan orang tua.
Manfaat Bermain untuk Anak dan Orangtua Rayful Mudassir | 11 Desember 2018 12:31 WIB
Manfaat Bermain untuk Anak dan Orangtua
Ilustrasi - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Bermain merupakan agenda penting yang harus dilewati anak saat masih belia. Di samping sebagai kegiatan menyenangkan, permainan bisa menambah kedekatan antaranak dan orangtua.

Psikolog anak Ayoe Sutomo mengatakan secara sederhana permainan dapat memberikan keceriaan bagi sang buah hati. Namun lebih dari itu, sejumlah permainan bisa memberikan stimulasi untuk kembang tumbuh anak.

"Dari permainan juga anak akan lebih dekat secara emosional dengan orangtua, karena dari bermain bisa lebih banyak momen yang ditemukan termasuk bercerita pengalaman di sekolah dengan anak," katanya di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menurut Ayoe, permainan sama dengan melatih kreativitas anak. Sejumlah permainan bahkan bisa menstimulasi anak untuk mengembangkan imajinasi anak selama bermain. Dalam kondisi tersebut, orangtua disarankan untuk terus mendampingi anak.

Pendampingan orangtua saat bermain cukup penting. Terlebih saat melakukan permainan menang dan kalah. Sebagian anak mengalami kekecewaan yang cukup berarti saat kalah. Saat kondisi tersebut orangtua perlu menjelaskan tentang menang dan kalah adalah sesuatu hal yang biasa.

"Orangtua harus menjelaskan setiap permainan ada menang dan kalah, sehingga saat bermain anak tidak mudah kecewa. Yang pasti permainan tujuan utamanya adalah membuat perasaan bahagia," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting, Bermain

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top