Seorang ibu menggendong bayinya./Istimewa
Health

4 Penyebab Kepala Bayi Berkeringat  

Nancy Junita
Kamis, 13 Desember 2018 - 07:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orangtua yang membawa bayinya ke dokter ketika kepala bayi berkeringat saat tidur atau makan.

Orangtua tak perlu panik, jangan terburu-buru ke dokter segera. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kebanyakan orangtua merasa takut ketika mereka merasakan kepala bayi mereka berkeringat.

Hal ini karena suhu kepala bayi selalu lebih tinggi dari dari kepalan tangannya.

Berikut 4 penyebab mengapa kepala bayi berkeringat lebih dari tubuhnya, seperti dikutip dari www.boldsky.com:

 1. Apakah bayi demam?

Kepala bay terasa panas dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Ini adalah fenomena umum pada kebanyakan bayi.

Jika Anda ingin memeriksa demam, maka Anda harus merasakan pipi bayi atau kulit di bawah dagunya. Itu memberi penilaian yang jauh lebih akurat tentang suhu tubuh. Fungsi tubuh bayi berbeda dari orang dewasa. Jadi, jangan khawatir jika bayi memiliki kepala panas. .

2. Kelenjar keringat

Seorang bayi yang baru lahir tidak memiliki kelenjar keringat aktif kecuali yang ada di kepalanya. Anda harus menyadari bahwa tubuh bayi tidak pernah berkeringat. Hanya kepala yang berkeringat banyak. Ini karena hanya kepala bayi yang memiliki kelenjar keringat aktif. Jika kepala bayi Anda berkeringat, itu artinya ia merasa panas.

3. Berkeringat pada malam hari

Jika Anda khawatir kepala bayi berkeringat saat tidur, maka itu juga memiliki penyebab yang valid. Bayi tidak seperti orang dewasa saat tidur. Itulah mengapa kepala bayi tetap di posisi yang kurang lebih sama. Hal ini menyebabkan kepala ‘over heating’ an berkeringat pada malam hari. Alasan lain mungkin adalah Anda terlalu sering membungkus bayi pada waktu tidur.

 Bila membungkus bayi, jangan terlalu panas karena dapat menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak.

 4. Berkeringat saat menyusui

Saat menyusui, kebanyakan ibu lebih memilih posisi cradle. Dan ini mengharuskan Anda untuk memegang kepala bayi secara konstan dalam posisi yang sama selama bayi diberi makan.

Telapak tangan memberi kehangatan pada kepala lembut bayi dan itulah alasan kepala bayi Anda berkeringat saat menyusui. Tetapi jika Anda masih merasa bahwa kepala bayi berkeringat banyaksepanjang waktu, Anda harus menemui dokter untuk menjelaskan alasannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro