Berpelukan/Reuters
Relationship

Inilah 3 Manfaat Mengejutkan dari Berpelukan

Tika Anggreni Purba
Minggu, 16 Desember 2018 - 23:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda bahwa berpelukan ternyata tidak hanya diterjemahkan sebagai ungkapan kasih sayang yang hangat? Rupanya masih banyak manfaat lain yang didatangkan dari dipeluk dan memeluk.

Berpelukan bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun psikologis seseorang. Menurut laporan Psychologytoday.com, berikut ini tiga manfaat penting dari berpelukan.

  1. Mengurangi risiko sakit

Hidup bisa saja terasa sulit dan penuh tekanan sehingga memicu penyakit fisik juga seperti sakit kepada dan flu. Namun, ternyata menerima pelukan dari orang yang terkasih dapat menolong kita dalam menghadapi masa-masa stres. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa sentuhan fisik yang menunjukkan kepedulian seperti pelukan dapat menjadi penghilang stres yang hebat.

Nah, apakah pelukan juga bisa menyembuhkan atau mengurangi risiko penyakit fisik? Mungkin saja! Sebuah penelitian pada 2015 dalam jurnal Psychological Science, mengungkap hubungan pelukan dan dukungan sosial terhadap kemungkinan sakit pada 404 relawan di sarah Pittsburgh, California, AS.

Penelitiannya dilakukan dengan cara menanyakan pada relawan selama 14 hari berturut-turut, apakah mereka menerima pelukan atau tidak setiap hari. Rata-rata peserta yang menerima pelukan merasa seperti menerima dukungan sosial yang lebih besar.

Penelitian kemudian berlanjut dengan mengkarantina para relawan tersebut pada sebuah ruangan. Para peneliti kemudian memberi mereka tetes hidung yang mengandung virus flu biasanya. Secara keseluruhan 78% peserta terinfeksi virus.

Nah, menariknya, ternyata seberapa sering mereka dipeluk mempengaruhi risiko infeksi. Relawan yang sering dipeluk menunjukkan gejala yang tidak begitu parah dari biasanya, misalnya walau flu, hidung mereka tidak mampet.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Salah satu faktor risiko utama penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi dan ternyata salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan berpelukan. Ide ini berdasar pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biologycal Psychology pada 2005.

Dalam penelitian ini 58 perempuan berusia 20-49 tahun diundang ke laboratorium bersama pasangannya. Setelah tiba, mereka dipisahkan dengan pasangan mereka selama 30 menit, dan disatukan kembali setelah 10 menit.

Selama periode ini, pasangan-pasangan itu duduk di kursi yang empuk dan didorong untuk berpegangan tangan, serta diinstruksikan untuk berpelukan selama 20 detik. Setelah itu, pasangan pria diminta untuk meninggalkan ruangan dan para perempuan berpartisipasi dalam tes stres yang membuat mereka harus menceritakan hal-hal yang membuatnya stres.

Sebelum, selama, dan setelah tes stres ini, dilakukan pengukuran oksitosin dan tekanan darah pada para perempuan tersebut. Mereka juga ditanyai mengenai frekuensi berpelukan dengan pasangannya. Hasilnya, mereka yang sering memeluk pasangan ternyata memiliki kadar oksitosin yang lebih tinggi dan tekanan darah yang lebih rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa berpelukan mendukung kesehatan Anda dan pasangan.

  1. Mengubah dan meringankan suasana hati pada saat menghadapi hari yang buruk

Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang membuat kita dongkol atau perasaan kita tidak menentu. Nah, salah satu obat mujarab untuk mengatasi itu adalah berpelukan.

Dalam penelitian terbaru 2018 oleh Murphy dan kawan-kawan ditemukan bahwa pelukan dapat mengurangi perasaan tidak menentu pada hari yang buruk, seperti sehabis bertengkar dengan pasangan misalnya.

Menariknya, penelitian menyebutkan bahwa ketika seseorang menemukan pelukan pada hari yang sama ketika dia mengalami konflik, perubahan suasana hati menjadi lebih baik dapat terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Psychologytoday.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro