5 Cara Bijaksana Membangun Suasana Kerja yang Sehat

Seiring perjalanan waktu, suasana dan budaya kerja di kantor atau di tempat kerja bisa jadi semakin tidak sehat. Gara-gara pekerjaan yang semakin sibuk dan perusahaan yang menuntut produktivitas tinggi, kesehatan fisik dan jiwa seolah terpinggirkan.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 26 Desember 2018  |  11:32 WIB
5 Cara Bijaksana Membangun Suasana Kerja yang Sehat
Ilustrasi - Levo

Bisnis.com, JAKARTA—Seiring perjalanan waktu, suasana dan budaya kerja di kantor atau di tempat kerja bisa jadi semakin tidak sehat. Gara-gara pekerjaan yang semakin sibuk dan perusahaan yang menuntut produktivitas tinggi, kesehatan fisik dan jiwa seolah terpinggirkan. 

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa tetap sehat di tempat kerja? Berikut ini beberapa cara bijaksana dari Psychcentral.com, yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan budaya kerja yang sehat di tempat kerja. Ketika kita bisa melakukannya, niscaya kesehatan fisik dan mental dapat terus terjaga.

1. Jangan makan di meja kerja
 
Saking sibuknya, banyak orang yang menghabiskan jam makan siang sembari bekerja. Hal ini sebetulnya tidak disarankan. Bukankah kita tidak didesain untuk bekerja sambil makan, olahraga sambil mandi, atau mandi sambil bekerja?
 
Ketika waktunya makan, cobalah untuk tidak melakukannya sambil bekerja di meja kerja. Menyediakan waktu sejenak untuk makan justru dapat meningkatkan kinerja otak dan membangkitkan suasana hati Anda. Selain itu, makan merupakan kebutuhan manusia sehingga tak boleh diabaikan. Jangan karena bekerja, kebutuhan tubuh diabaikan.
 
2. Sesekali perlu percakapan personal

Walau dalam area profesional, pembicaraan personal yang wajar juga diperlukan. Cobalah tanyakan kabar rekan kerja Anda sebelum rapat dimulai. Anda juga bisa secara pribadi mengirim email yang berisikan motivasi untuk rekan kerja Anda. Umumnya hal simpel seperti ini bisa meningkatkan kinerja seseorang dan menumbuhkan perasaan lebih nyaman saat bekerja.
 
3. Perpanjang waktu istirahat selama satu menit

Strategi ini berguna ketika Anda berada dalam keadaan sulit untuk beristirahat karena sangat sibuk dengan pekerjaan. Saat Anda mendapat kesempatan berjalan menuju satu ruang ke ruang lainnya di kantor, cobalah untuk beristirahat satu menit agar mata dan otak Anda disegarkan kembali.
 
4. Ciptakan suasana yang santai

Selipkan humor, candaan, perbincangan ringan, dalam hubungan Anda dengan rekan kerja. Hal-hal seperti ini akan meningkatkan solidaritas di antara para pekerja. Komunitas antarpekerja akan bermanfaat banyak bagi Anda di tempat kerja.
 
5. Hargai setiap karyawan sama rata

Baik karyawan tetap maupun magang, perlakukan semuanya dengan sama rata. Luangkan waktu untuk membantu rekan kerja Anda yang belum memiliki performa kerja yang baik. Tempat kerja yang sehat adalah tempat di mana individu merasa dihargai dan didukung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top