Kembang api di langit /Reuters
Relationship

Resolusi Tahun Baru Selalu Gagal? Coba Strategi Ini

Tika Anggreni Purba
Senin, 31 Desember 2018 - 01:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Membuat resolusi bukanlah hal yang baru menjelang pergantian tahun. Persoalan yang paling sering timbul adalah kita gagal dalam merealisasikan setiap resolusi yang sudah dibuat.

Akan tetapi jangan khawatir, karena Anda tidak sendiri menghadapi kegagalan itu. Sejak 30 tahun yang lalu penelitian dari John Norcross dan Dominic Vangalarelli mengatakan bahwa hanya 19% orang yang mampu sukses merealisasikan resolusinya saat tahun yang baru/

Gagalnya resolusi ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Pertama, kita tidak membuat resolusi untuk diri kita sendiri. Kedua, resolusi yang ingin kita capai tidak realistis. Ketiga, kita berusaha mencapai resolusi itu untuk menyenangkan orang lain.

Nah, agar tak lagi gagal untuk mencapai resolusi, berikut ini 5 strategi simpel untuk merencanakan resolusi dilansir Psychologytoday.com:

1. Tuliskan plot dan rencana

Resolusi tidak bisa hanya dipikirkan saja, tetapi cobalah untuk menulisnya. Buatlah catatan mengenai tujuan-tujuan apa yang ingin Anda capai. Pastikan untuk membuat prioritas dan standar yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

2. Tetapkan satu tujuan dan sesuaikan dengan kapasitas

Banyak orang gagal mencapai tujuan resolusinya karena tidak menyadari bahwa tujuannya bertentangan dengan hidupnya sendiri. Katakanlah seseorang memiliki resolusi ingin dipromosikan di tempat kerja, tetapi di sisi lain dia juga ingin menghabiskan banyak waktu untuk hobi dan liburan, tentu saja hal ini tidak sinkron.

Oleh karena itu, sebelum Anda membuat resolusi, cobalah untuk menyesuaikan tujuan Anda dengan waktu, harapan, dan keadaan yang realistis.

3. Antisipasi berbagai kemungkinan

Setelah menentukan tujuan-tujuan Anda, coba pikirkan dan bayangkan kemungkinan lain yang mungkin terjadi dalam upaya Anda mengerjakan resolusi itu. Dengan mengantisipasi kemungkinan yang lain, Anda akan semakin fleksibel dan kreatif dalam penyelesaian masalah kalau saja rencana Anda harus berubah.

4. Berjaga-jaga dengan perencanaan lain

Anda tidak bisa begitu terikat dengan rencana A, siapkan rencana lain untuk berjaga-jaga kalau rencana utama tidak bisa tercapai. Banyak orang gagal mencapai resolusinya karena terlalu fokus pada satu tujuan tanpa plan B.

5. Maju selangkah demi selangkah, hindari kritik diri

Anda tidak perlu terburu-buru dalam mencapai resolusi. Tetapkan langkah demi langkah dengan perencanaan target waktu yang jelas untuk mencapai tujuan Anda. Jangan pula menetapkan waktu yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal itu hanya akan menambah kritik pada diri sendiri sehingga membuat resolusi Anda hanya tinggal angan-angan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro