Ilustrasi/Picsora
Relationship

3 Cara Positif Menghadapi Kekecewaan

Tika Anggreni Purba
Senin, 31 Desember 2018 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kekecewaan merupakan hal yang sangat wajar dan normal dialami oleh manusia.

Setiap orang pernah merasakannya, khususnya bagi orang-orang yang memiliki ekpektasi terlalu tinggi terhadap orang lain dan kenyataan hidup.

Terlepas bahwa kekecewaan adalah persoalan wajar dalam perjalanan hidup, kita masih perlu belajar untuk mengatasinya. Hal ini penting untuk dilakukan agar kekecewaan tidak mengakar pahit dalam diri dan menghambar kualitas hidup kita.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kekecewaan dilansir Lifehack.com:

1. Memperbaharui ‘aturan’ dalam diri

Kekecewaaan sangat mungkin disebabkan oleh aturan-aturan yang kita buat untuk diri kita sendiri. Aturan ini berubah target dan harapan yang kita buat untuk menjadi standar kebahagiaan.

Ambil contoh, kita memiliki aturan yang mengharuskan kita menjadi manusia sempurna tanpa kesedihan. Akibatnya ketika kesedihan melanda, kita merasa marah dan kecewa pada diri kita sendiri.

Untuk berhenti kecewa, kita juga harus berhenti memikirkan hal-hal yang berada di luar kontrol dan kendali kita sebagai manusia. Cobalah untuk meninjau kembali, siapa tahu aturan dalam diri Anda terlalu keras sehingga kekecewaan tidak kunjung hilang.

2. Fokus kepada visi

Kekecewaan bukanlah akhir dari segalanya. Ia hanyalah penghambat yang membuat Anda harus mundur selangkah. Namun, perlu diingat bahwa perjalanan Anda masih panjang ke depan, jangan biarkan kekecewaan mengaburkan pandangan Anda akan masa depan.

Ketika kita merasa kecewa dan putus asa, coba ingat kembali visi atau tujuan hidup kita, niscaya kita akan kembali bangkit dari kekecewaan.

3. Bangkit dan memulai kembali

Ketika Anda kecewa, satu-satunya cara untuk bangkit adalah memulainya kembali. Dalam hal ini diperlukan kebesaran hati untuk menerima apa yang terjadi dan berkomitmen untuk maju. Ingatlah, kita tidak hidup di masa lalu, tetapi masa kini dan bersiap untuk masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro