Ilustrasi/Popsugar
Relationship

Begini Caranya Agar Disukai di Tempat Kerja

Tika Anggreni Purba
Selasa, 1 Januari 2019 - 12:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apakah Anda menyadari bahwa dalam lingkaran pergaulan Anda ada orang-orang yang terlihat lebih disukai dan diterima? Hal ini bisa saja terjadi karena orang tersebut memiliki kepribadian yang menarik.

Sama halnya dengan di tempat kerja, untuk lebih disukai oleh atasan atau rekan kerja, kita perlu upaya dan usaha. Bukan berarti tidak menjadi diri sendiri, tetapi setidaknya ada usaha untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Menurut Time.com, berikut ini 10 cara untuk membuat kita lebih disukai orang lain:

1. Mau bertanya

Dalam pekerjaan, orang yang lebih rajin bertanya biasanya lebih disukai. Hal ini membuat hasrat orang lain untuk membantu dan membagikan informasi yang dimilikinya menjadi tersalurkan. Intinya, orang yang mau bertanya dan meminta bantuan pada orang lain pasti lebih disukai.

2. Berbicara lebih banyak

Coba perhatikan orang-orang yang banyak berbicara (tentu membicarakan hal yang baik), umumnya mereka disukai banyak orang. Komunikasi yang baik merupakan salah satu cara untuk membuat orang lain tertarik untuk bergaul dengan kita.

3. Memberikan waktu

Kerelaan hati untuk memberikan waktunya untuk menemani, mendengar, atau membantu seseorang melakukan sesuatu akan membuatnya lebih disukai. Orang yang aktif umumnya lebih disenangi ketimbang orang yang pasif.

4. Mau mendengar

Walau orang yang suka berbicara juga disukai, kadang-kadang si pendengar justru lebih dibutuhkan orang lain. Sekalipun Anda adalah orang yang suka berbicara, ada kalanya untuk berhenti sejenak untuk mendengar orang lain.

5. Peduli

Untuk lebih disukai orang lain, Anda harus belajar untuk mengembangkan sikap peduli. Hal ini mungkin saja sulit, karena makin banyak orang yang hanya ingin memedulikan dirinya. Sikap mementingkan kepentingan bersama akan membuat Anda bisa diandalkan. Karena itu, pertahankan dan kembangkan empati dan kepedulian dalam diri Anda.

6. Tidak sok tahu

Dalam pekerjaan, orang yang banyak tahu akan diperhitungkan. Tetapi, orang yang sok tahu akan ditinggalkan. Sok tahu hanya menunjukkan sikap sombong dan tidak rendah hati.  

7. Mengembangkan humor

Orang yang lucu, bisa diajak bercanda, dan memiliki humor pada tempatnya adalah ciri-ciri orang yang asyik untuk diajak bergaul. Hal ini berlaku juga di tempat kerja. Coba Anda perhatikan, orang-orang yang lucu di kantor Anda pasti banyak temannya.

8. Jangan terlalu serius

Kadang kala kalau Anda memang tipikal orang yang serius, hal ini sulit untuk dilakukan. Namun, jangan terlalu keras pada diri Anda dan orang lain. Sesekali berpikirlah lebih santai dan nikmati kehidupan ini.

9. Tidak memaksakan kehendak

Orang yang mementingkan egonya adalah orang yang sulit diajak untuk bergaul dan bekerja sama. Apabila Anda mengedepankan ego dan kepentingan Anda di tempat kerja, sudah pasti Anda kehilangan simpati dari orang lain. Karena itu, utamakan kepentingan bersama, kalau Anda ingin lebih disukai di tempat kerja.

10.  Mengakui kelemahan

Orang yang berani mengakui kelemahannya biasanya lebih disukai. Hal ini menunjukkan bahwa Anda mengenal kelemahan diri dan mau berupaya untuk memperbaikinya. Orang-orang akan datang pada Anda untuk memberikan solusi dan semangat untuk mengatasi kelemahan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro