Ilustrasi/Tamilgoose
Relationship

Tips Nyaman Bekerja di Konsep Kantor Terbuka

Tika Anggreni Purba
Selasa, 1 Januari 2019 - 16:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Konsep kantor terbuka atau open space menjadi tren perkantoran modern masa kini.

Kantor tidak lain didesain dengan ruangan-ruangan tertutup atau kubikel-kubikel pembatas. Semuanya terbuka, bekerja bersama dalam ruangan besar, tanpa batasan.

Untuk orang-orang introver, mudah terdistraksi, suka berbicara keras, dan orang yang sangat privat, bekerja di open space office bisa menjadi sebuah pergumulan dan perjuangan. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap nyaman bekerja di suasana seperti itu?

Berikut ini beberapa tip dilansir Psychologytoday.com:

1. Bekerja di tempat yang sama

Jika memungkinkan, pilihlah satu posisi meja atau kursi yang sama untuk bekerja setiap hari. Atau apabila sulit bekerja di tempat yang sama, pilih duduk di samping orang yang sama setiap hari. Hal ini akan menolong Anda untuk akrab dengan suasana.

2. Jangan bekerja dekat dengan ruang tamu

Orang-orang yang tidak dikenal dalam lingkungan kerja biasanya dapat membuyarkan konsentrasi. Itulah sebabnya, jika kantor Anda bergabung dengan ruang tamu, lebih baik mengambil tempat yang lebih jauh dari situ.

3. Gunakan gawai Anda

Apabila suasana kantor terasa berisik, gunakan headset atau headphone. Anda juga perlu mematikan nada dering ponsel di kantor yang open space, agar tidak membuat orang lain tersentak ketika ada panggilan masuk.

4. Membangun dinding yang tidak terlihat

Buatlah dinding imajiner yang memberi tahu orang-orang bahwa Anda sedang fokus dan tidak ingin diganggu. Anda bida memilih cara Anda sendiri seperti meletakkan mainan bendera, atau penanda close/open di depan meja Anda.

Pastikan orang di sekitar Anda mengetahui bahwa ketika Anda meletakkan benda-benda tersebut berarti Anda sedang fokus sehingga sebaiknya tidak diganggu.

5. Berbicara di ruangan lain

Apabila Anda merasa terganggu dengan orang yang berbicara di sekitar Anda ketika bekerja, jangan lakukan hal yang sama. Jadilah panutan dengan pergi ke tempat lain ketika Anda harus membicarakan sesuatu dengan rekan kerja lainnya.

6. Hindari gangguan visual

Terkadang gangguan utama dalam pekerjaan itu bukan berasal dari luar, tetapi dari diri sendiri. Salah satunya adalah gangguan visual di monitor Anda, seperti media sosial, video, notifikasi, dan lain-lain. Untuk tetap berkonsentrasi pastikan komputer Anda bebas dari gangguan semacam itu.

7. Jika perlu, bekerja di tempat lebih sepi

Jika tugas Anda membutuhkan konsentrasi, cobalah mencari tempat yang lebih tenang untuk bekerja sementara waktu. Cari tempat yang kosong atau sepi sampai pekerjaan Anda terselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro