Ilustrasi Depresi/Istimewa
Health

Ingin Mental Tetap Sehat Sepanjang 2019? Ini Rahasianya

Tika Anggreni Purba
Rabu, 2 Januari 2019 - 13:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kesehatan mental seharusnya menjadi prioritas setiap orang. Sayangnya tidak banyak orang yang peduli terhadap poin penting dalam kehidupan ini. Padahal, kesehatan mental merupakan bagian penting yang mempengaruhi kualitas hidup manusia.

Setiap hari kita mendengar orang mengeluh dengan masalah mental yang dimilikinya seperti gangguan kecemasan, krisis mental, ketakutan, depresi, dan sebagainya. Hal ini seharusnya membuka mata kita lebih lebar bahwa kesehatan mental merupakan hal yang perlu dilindungi dengan serius.

American Psychological Association melaporkan bahwa banyak orang yang tidak menyadari kerentanannya untuk mengalami masalah mental. Ketika masalah muncul, barulah penanganan dilakukan.

Itulah sebabnya untuk mencegah persoalan mental yang dapat mengganggu kehidupan, marilah kita menjaga kesehatan mental kita.

Berikut ini beberapa cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan mental kita:

1. Periksakan kondisi kesehatan mental
Anda bisa menemui ahli profesional yang dapat dipercaya seperti psikolog, psikiater, ataupun psikoterapis. Anda bisa memanfaatkan asuransi dari kantor atau asuransi kesehatan lainnya untuk mengetahui kondisi mental Anda.

2. Temukan komunitas dan teman
Jangan hidup dengan mengisolasi diri Anda, hal ini dapat memicu kesepian. Belakangan ini, kesepian menjadi isu yang sangat hangat diperbincangkan di kehidupan modern. Jangan lupa untuk terlibat dalam komunitas, jalin persahabatan dengan orang lain, dan nikmati hubungan Anda dengan orang lain.

3. Tetapkan batasan
Anda tidak bisa mengatakan ‘ya’ untuk segala hal. Tetapkan batasan dan prioritas dalam hidup Anda. Pikirkan dan putuskan hal-hal yang paling penting dalam hidup Anda.

4. Lebih memperhatikan kehidupan
Anda perlu hidup lebih dekat dengan kehidupan Anda. Ambil waktu untuk merefleksikan diri seperti meditasi atau berdiam diri untuk menenangkan diri.

5. Lepaskan keinginan untuk sempurna
Apabila Anda hidup dengan sifat perfeksionis, segeralah melepaskan itu. Hidup dengan pikiran untuk selalu tampil sempurna akan memberatkan Anda. Pikirkanlah hal yang realistis dan tetapkan tujuan yang sesuai dengan kemampuan dan harapan Anda.

6. Miliki waktu sendiri
Anda perlu menyegarkan pikiran, perasaan, dan jiwa Anda setiap hari. Ambil waktu untuk beristirahat sejenak seperti bersenandung, bernapas, bahkan melakukan hal-hal yang menyenangkan diri Anda sendiri.

7. Peduli pada diri sendiri
Sudah saatnya lebih peduli terhadap perawatan diri khususnya demi kesehatan fisik dan mental. Miliki tidur yang cukup, nutrisi yang sehat, dan olahraga.

8. Temukan kesenangan Anda
Jangan hidup terlalu serius. Pastikan untuk memiliki waktu untuk tertawa dan bersenang-senang. Hidup ini jangan dibuat terlalu kaku, Anda perlu rileks sesekali.

9. Hindari konsumerisme
Jangan fokus terhadap kepemilikan barang dan benda jika Anda ingin hidup lebih baik. Menghabiskan banyak uang untuk benda-benda yang Anda anggap membuat hidup Anda lebih baik nyatanya tidak memuaskan Anda. Fokuslah kepada hal yang lebih berarti dalam hidup Anda, seperti keluarga, pasangan, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro