Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Hindari Hal Ini

Orang-orang yang melihat smartphone atau tablet sebelum tidur cenderung memulai tidurnya satu jam lebih lama dibandingkan dengan orang-orang yang memilih kegiatan lain yang lebih tenang.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 16 Januari 2019  |  06:50 WIB
Agar Tidur Lebih Nyenyak, Hindari Hal Ini
Ilustrasi penderita gangguan tidur (sleep anea). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Orang-orang yang melihat smartphone atau tablet sebelum tidur cenderung memulai tidurnya satu jam lebih lama dibandingkan dengan orang-orang yang memilih kegiatan lain yang lebih tenang.

Sejumlah ahli telah memperingatkan bahwa berbaring di tempat tidur dengan menggulirkan smartphone sebelum tidur dapat berisiko merenggut kualitas tidur.

Profesor di Nuffield Department of Clinical Neuroscience di University of Oxford Colin Espie melalui penelitiannya menyarankan untuk menghindari aktivitas yang merangsang sebelum tidur.

“Satu jam hingga satu setengah jam sebelum Anda tidur ketika Anda tidak melakukan pekerjaan apapun, hindari aktivitas ‘merangsang’ seperti berolahraga berat dan memainkan perangkat elektronik. Beri diri Anda waktu untuk bersantai,” tuturnya, seperti dilansir dari Independent.

Lebih rinci, dalam penelitiannya didapatkan fakta bahwa menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur bisa memakan waktu hingga satu jam lebih lama daripada rata-rata untuk akhirnya tertidur dibandingkan mereka yang tidak memainkan perangkat elektronik.

Espie juga memperingatkan bahwa aktivitas yang memmngaruhi tidur akan bervariasi tergantung pada individu.

Sebagai contoh, katanya, mereka yang terlalu terlibat dengan buku dan mengalami kesulitan untuk membaca mungkin menjadi gambaran bahwa membaca sebelum tidur bukanlah pilihan terbaik bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top