8 Bahaya Mengintai Anda bila Terlalu Lama Duduk

Seringkali pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dalam jangka waktu lama. Bagi Anda yang sepanjang hari harus duduk untuk menyelesaikan pekerjaan, nampaknya perlu berhati-hati dengan kesehatan Anda.
Denis Riantiza Meilanova | 22 Januari 2019 14:34 WIB
Ilustrasi - timeshighereducation

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk dalam jangka waktu lama. Bagi yang sepanjang hari harus duduk untuk menyelesaikan pekerjaan, nampaknya perlu berhati-hati dengan kesehatan. Ada delapan risiko kesehatan mengintai Anda.

Paling tidak delapan efek samping cukup berbahaya bila Anda terus-menerus  duduk sepanjang hari, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (22/1/2019):

1. Penyakit Jantung

Duduk terlalu lama dapat memicu penyakit jantung. Hal ini terjadi karena tubuh kita membakar lebih sedikit lemak ketika kita duduk dan akibatnya, asam lemak mungkin mulai mengendap di arteri kita.

2. Risiko Diabetes

Orang dengan gaya hidup tidak aktif lebih rentan terhadap diabetes bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki gaya hidup aktif. Menurut tindak lanjut dari penelitian HUNT yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, duduk lama sebenarnya dapat meningkatkan risiko diabetes pada orang yang secara fisik tidak aktif.

3.Kerusakan Otak

Duduk dalam jangka waktu lama tidak hanya membahayakan tubuh Anda tetapi juga merusak otak Anda. Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, gaya hidup tidak aktif, yakni yang melibatkan duduk untuk jangka waktu yang lebih lama, dapat menyebabkan penipisan wilayah tertentu di otak yang bertanggung jawab untuk pembentukan ingatan baru.

4. Varises

Duduk untuk jangka waktu yang lebih lama dapat memberikan banyak tekanan pada kaki Anda. Hal ini dapat menyebabkan pengembangan varises, suatu kondisi yang menyebabkan pembengkakan atau pembengkakan pembuluh darah.

5. Nyeri Tubuh

Jika Anda merasa nyeri tubuh yang cukup parah pada bagian leher, bahu, pinggul, dan punggung, yakinlah bahwa itu karena kebiasaan Anda duduk terlalu lama.

6. Postur Tubuh yang Buruk

Duduk terus-menerus akan menyebabkan ketegangan yang sangat besar di punggung Anda dan itu juga sangat memengaruhi postur Anda. Selain itu, jika Anda adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu membungkuk di depan laptop atau komputer Anda, Anda dapat mengembangkan sindrom postur yang buruk.

7. Berat Badan Bertambah

Selain postur tubuh yang buruk, duduk sepanjang hari juga dapat berkontribusi besar terhadap kenaikan berat badan karena ketidakaktifan menyebabkan obesitas.

8. Siklus Tidur Terganggu

Jika meja kerja Anda melibatkan duduk di depan komputer atau laptop, sepanjang hari atau aktivitas berbasis layar, itu bisa membuat Anda merasa sangat cemas dengan mengganggu siklus tidur Anda.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Mudah saja. Anda hanya perlu memberikan sedikit waktu di sela-sela pekerjaan untuk beranjak dari kursi, setiap setengah jam dan bergerak sebentar.

Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar kantor atau bekerja sambil berdiri. Untuk leher dan punggung, disarankan Anda melakukan peregangan setelah setiap 30 menit selama 5 menit untuk mengurangi kemungkinan Anda mengalami sakit punggung dan leher.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, tips sehat

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup