Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Rambut? Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Masalah bau rambut yang tidak sedap bisa Anda atasi dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak esensial lavender, jus tomat, dan kayu manis
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  17:16 WIB
Ilustrasi - JIBI/Istimewa
Ilustrasi - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda tidak merawat rambut dengan baik, akan ada beberapa masalah rambut yang mungkin membuat Anda tidak nyaman, salah satunya adalah bau rambut yang tidak sedap.

Masalah perawatan rambut sering muncul dari kulit kepala yang tidak sehat. Efek dari kulit kepala yang tidak sehat inilah yang dapat menyebabkan bau rambut menjadi  tidak sedap.

Ketahuilah bahwa ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan agar rambut Anda memiliki bau yang harum, seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (29/1/2019).

Minyak Esensial Lavender

Minyak ini dikenal karena sifat kondisionernya yang kuat sehingga membuat rambut Anda berkilau, lembut, dan mudah diatur. Sementara pada saat yang sama meninggalkan aroma yang menenangkan. Minyak ini juga membantu merawat ketombe dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara pemakaian minyak esensial lavender cukup dengan memijit kulit kepala Anda dengan minyak tersebut. Oleskan minyak ke rambut juga. Biarkan semalaman dan cuci di pagi hari menggunakan sampo dan kondisioner biasa. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin dan mineral dan memiliki sifat anti-inflamasi. Ini membantu Anda melawan kerontokan rambut saat dioleskan pada kulit kepala. Selain itu, tomat juga membantu mengondisikan rambut Anda dan membuatnya lebih lembut dan halus.

Seiring dengan merawat kulit kepala yang kering dan gatal, tomat juga membantu memberikan aroma yang menenangkan ke rambut Anda.

Cukup dengan satu buah tomat, Anda bisa mengeksekusi langsung. Caranya, peras tomat menjadi seperti jus dan oleskan pada rambut. biarkan selama 15—20 menit dan kemudian cuci dengan sampo dan kondisioner. Ulangi proses ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.

Kayu Manis

Kayu manis dikenal berkhasiat meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahan alami ini juga mampu mengatasi masalah perawatan rambut seperti ketombe dan rambut rontok.

Anda perlu mempersiapkan 3—4 batang kayu manis, ditambah dengan 2 sdm madu dan 1 gelas air mendidih. Cara memasaknya, rebus beberapa batang kayu manis dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Lalu, tambahkan sedikit madu ke dalam air dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama 45 menit, lalu cuci menggunakan sampo dan kondisioner biasa. Ulangi proses ini seminggu sekali untuk hasil yang memuaskan.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang mampu memperbaiki kulit mati pada kulit kepala Anda. Ini juga dapat mengondisikan rambut Anda dan membuatnya lebih lembut dan halus dalam penggunaan jangka panjang.

Selain itu, lidah buaya juga dikenal bisa menghilangkan bau tak sedap dari kulit kepala dan rambut Anda.

Anda perlu menyiapkan sekitar 2 sdm jel lidah buaya yang diambil dari daun lidah buaya. Masukkan ke mangkuk, lalu gunakan kuas untuk mengoleskannya pada rambut Anda. Biarkan selama 15—20 menit dan cuci dengan sampo dan kondisioner. Lakukan rutin seminggu sekali. Selamat mencoba dan semoga rambut Anda menjadi lebih wangi nan sehat. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top