Enam Cara Ini Bisa Bantu Hilangkan Insomnia

Beberapa orang mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia. Orang yang menderita gangguan ini tidak cukup tidur dan sering kali merasa tidak segar ketika bangun. Kondisi ini menimbulkan masalah lain, seperti kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, perubahan suasana hati, dan penurunan kinerja di tempat kerja.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 01 Februari 2019  |  18:25 WIB
Enam Cara Ini Bisa Bantu Hilangkan Insomnia
Insomnia - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA--Beberapa orang mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia. Orang yang menderita gangguan ini tidak cukup tidur dan sering kali merasa tidak segar ketika bangun. Kondisi ini menimbulkan masalah lain, seperti kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, perubahan suasana hati, dan penurunan kinerja di tempat kerja.

Alasan sulit tidur tiap orang berbeda satu sama lain, tetapi sebagian besar waktu insomnia adalah akibat dari stres, beberapa peristiwa yang tidak menyenangkan atau perubahan dalam siklus tidur. Insomnia kronis hanya dapat diobati dengan terapi, tetapi insomnia jangka pendek tidak terlalu sulit untuk diatasi.

Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mengatasi insomnia, dilansir dari Times of India, Jumat (1/2/2019):

1. Mandi air hangat

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, berendam di bak mandi air hangat tidak hanya membuat Anda rileks, tetapi juga akan membantu Anda tidur. Mandi air hangat 2 jam sebelum tidur memberi kesempatan bagi tubuh Anda untuk mendingin dan juga memicu tidur di malam hari.

2. Pijat

Terapi pijat adalah teknik terbaik untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Memijat di malam hari mengurangi perasaan sakit, cemas, dan depresi serta meningkatkan kualitas tidur. Tidak perlu mengambil pijat dari seorang profesional, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

3. Gunakan minyak lavender

Minyak esensial lavender dikenal untuk meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa memilih suplemen lavender atau meletakkan beberapa tetes minyak di tangan Anda dan mengendusnya. Minyak lavender aman digunakan

4. Minum susu hangat dengan madu

Kombinasi susu dan madu adalah yang terbaik untuk memicu tidur dan telah dipraktekkan sejak lama. Susu mengandung asam amino triptofan, yang meningkatkan jumlah hormon yang bekerja sebagai obat penenang alami.

5. Seduh teh herbal

Seduh teh herbal sebelum tidur di malam hari. Minum teh herbal mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan menenangkan tubuh Anda. Anda juga bisa mencoba teh passionflower dan teh chamomile di malam hari.

6. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang baik untuk kesehatan. Ini membantu untuk mengendurkan otot dan mengurangi tingkat stres. Sebuah penelitian menemukan bahwa itu juga mendorong pola tidur yang sehat. Anda dapat memiliki suplemen magnesium atau menambahkan satu cangkir bubuk magnesium ke dalam air mandi Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
insomnia

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top