4 Tips Hemat Internet Saat Liburan ke Luar Negeri

Salah satu bekal yang penting untuk dipersiapkan saat ingin liburan ke luar negeri adalah konektivitas internet pada smartphone.
MediaDigital | 01 Februari 2019 15:46 WIB
Ilustrasi - Reuters/Edgar Su

Salah satu bekal yang penting untuk dipersiapkan saat ingin liburan ke luar negeri adalah konektivitas internet pada smartphone. Hal ini menjadi penting karena agar tetap bisa berhubungan dengan keluarga di negara asal, menggunakan media sosial, memanfaatkan peta online, hingga mencari informasi-informasi menarik seputar negara yang sedang dikunjungi.

Anda memang bisa memanfaatkan jaringan WiFi di tempat-tempat tertentu. Namun, tidak semua negara memiliki fasilitas WiFi yang disediakan secara gratis dan hidup Anda jadi sangat bergantung dengan konektivitas WiFi tersebut. Untuk tetap dapat terhubung saat berada di luar negeri ini Anda memang membutuhkan bujet khusus yang dipersiapkan secara matang.

Berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan agar tetap hemat internetan saat berada di luar negeri.

  1. Cek ketersedian WiFi gratis di negara yang dikunjungi

Seperti yang telah disebutkan di awal, beberapa negara memiliki fasilitas WiFi gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Negara-negara tersebut antara lain Singapura, Jepang, dan Korea. Anda bisa menggunakan fasilitas ini di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan internasionalnya seperti bandara, stasiun, hingga pusat perbelanjaan. Cara ini bisa mampu menghemat pengeluaran Anda untuk tetap bisa terhubung dengan dunia internet saat liburan ke luar negeri.

  1. Aktifkan paket data roaming

WiFi memang bisa digunakan, tapi sebaiknya Anda tetap menggunakan pilihan paket data roaming sebagai pilihan utama. Saat ini telah tersedia banyak operator di Indonesia yang menawarkan pilihan paket data roaming dengan paket dan harga yang menarik. Berikut ini adalah beragam pilihan paket data roaming dari berbagai operator yang bisa dibeli di Traveloka.

Cara beli paket roaming-nya pun cukup mudah. Misalnya, cara beli paket roaming Telkomsel di Traveloka adalah dengan mengaktikan mode roaming terlebih dahulu di ponsel, sebelum membeli paket roaming. Langkah berikutnya adalah dengan mengatur APN (APN: internet; Username: [kosongkan]; Password: [kosongkan]) pada smartphone. Saat pengaturan roaming ini telah aktif Anda tinggal membeli paket roaming Telkomsel sesuai dengan kebutuhan.

Proses pembeliannya pun mudah, Anda tinggal membuka aplikasi Traveloka lalu pilih menu Internet Luar Negeri, pilih negara tujuan perjalanan dan tanggal diaktifkannya paket internet. Terakhir lakukan proses pembayaran dan tunggu konfirmasi SMS dan e-mail yang berisikan detail aktivasi. Lakukan semua proses di atas sebelum hari keberangkatan Anda.

  1. Aktifkan aplikasi yang dianggap perlu saja

Tips berikutnya adalah tutup semua aplikasi yang memakan data internet dan hanya gunakan aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saat itu saja. Misalnya, Anda bisa pilih hanya mengaktifkan aplikasi chat dan media sosial saja karena dua hal itu yang penting saat liburan ke luar negeri. Sisanya jangan biarkan aplikasi yang tidak penting berjalan di smartphone karena bisa saja menyedot data tanpa Anda ketahui.

Untuk mendapatkan informasi seputar negara yang dikunjungi bisa dilakukan saat mendapatkan jaringan WiFi saja. Lalu simpan laman tersebut secara offline di browser sehingga Anda bisa mengunjunginya tanpa harus menggunakan jaringan internet. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh peta secara offline agar bisa tetap diakses tanpa menggunakan data.

  1. Ubah mode smarpthone ke flight mode saat tidak dipakai

Untuk menghindari "pencurian" data oleh aplikasi yang tidak Anda ketahui, sebaiknya ubah mode smartphone ke dalam mode penerbangan saat tidak dipakai. Mode ini akan membuat smartphone kehilangan sinyal telepon dan internet, tapi akan bisa menghemat data lebih banyak. Selain itu, flight mode juga bisa membuat Anda menghemat daya baterai smartphone sehingga bisa dipakai seharian penuh.

Mempersiapkan konektivitas internet sebelum liburan ke luar negeri perlu dilakukan agar liburan Anda tetap bisa berjalan sesuai rencana dan menyenangkan. Hanya saja Anda perlu bijak dalam menggunakannya datanya agar bujet liburan tidak membengkak hanya gara-gara kebutuhan internet ini. Selamat mencobanya!

Tag : travelling, internet, Traveloka
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top