FACT OR FAKE: Minum Air Es Bikin Sakit Jantung

Masyarakat kerap menerima pesan berantai melalui platform media sosial yang berisi informasi tentang pengaruh mengonsumsi es atau air dingin dengan risiko serangan jantung atau penyakit yang berhubungan dengan jantung.
Newswire | 08 Februari 2019 06:24 WIB
Minuman dingin dan manis - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat kerap menerima pesan berantai melalui platform media sosial yang berisi informasi tentang pengaruh mengonsumsi es atau air dingin dengan risiko serangan jantung atau penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa mengonsumsi minuman dingin dan es saat makan bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.

Klaim: Mengonsumsi minuman dingin atau es bisa membahayakan kesehatan jantung

Rating: Salah/Misinformasi

Penjelasan :

Dari penelusuran Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengutip dari sebuah laman kesehatan, mengonsumsi makanan atau minuman dingin tidak serta merta membahayakan kesehatan jantung. 

Dikutip dari media, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah  RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Yoga Yuniadi SpJP mengatakan bahwa pesan yang telah beredar yang menyebutkan bahwa minum es dapat menyebabkan sakit jantung adalah tidak benar.

Di dalam tubuh atau saluran cerna, semua asupan makanan dan minuman akan mengalami penyesuaian suhu, yang dingin dihangatkan, yang panas disesuaikan. Jadi bukan soal suhu tapi soal kandungan gizi zat makanan. Kalau makanan itu banyak mengandung kolesterol, baik dalam suhu dingin maupun panas, maka tetap akan menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner.

 

Sumber : Antara

Tag : sakit jantung, hoax
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top