Cara Memberikan Penghargaan Pada Diri Sendiri

Harga diri atau self esteem merupakan  bagian penting dalam diri seseorang yang harus terus dikembangkan dan dipertahankan. Dengan menghargai dirinya sendiri, seseorang dapat menemukan nilai dan kekuatan diri.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 09 Februari 2019  |  08:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Harga diri atau self esteem merupakan  bagian penting dalam diri seseorang yang harus terus dikembangkan dan dipertahankan. Dengan menghargai dirinya sendiri, seseorang dapat menemukan nilai dan kekuatan diri.

Sayangnya banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memiliki harga diri yang baik sehingga cenderung tidak mampu mengasihi dirinya sendiri. Padahal penghargaan diri yang baik mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan.

Menghargai diri sendiri tidak hanya ditandai dengan kepercayaan diri, tetapi juga menghargai diri sendiri dan menerima diri sendiri apa adanya. Harga diri yang kuat berasal dari keyakinan yang kuat akan diri sendiri, bahwa Anda itu penting dan berharga.

Rendahnya harga diri dapat disebabkan oleh ragam sebab. Paling besar dipengaruhi oleh hubungan dengan orang lain, terutama orang tua. Orang yang memiliki masa kecil kurang menyenangkan cenderung mengalami rendahnya harga diri.

Khususnya bagi mereka yang memiliki orang tua yang melakukan kekerasan, pengkritik, dan menolak anak-anaknya. Orang yang tumbuh dalam pengasuhan orang tua seperti itu cenderung sulit menghargai ddan menerima dirinya sendiri.

Rendahnya harga diri juga dapat dialami seseorang yang memiliki pengalaman traumatis seperti perundungan. Hal ini dapat menyebabkan rasa malu, rasa bersalah, dan perasan tidak berharga.

Selain itu, kegagalan juga menjadi salah satu penyebab rendahnya harga diri. Kegagalan juga bisa menimbulkan keinginan untuk membicarakan hal negatif kepada diri sendiri sehingga memperkuat rendahnya self esteem.

Rendahnya penghargaan diri sendiri dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius seperti gangguan kecemasan, depresi, dan adiksi.

Bagaimana caranya untuk meningkatkan harga diri? Pertama, identifikasi akar masalah yang menyebabkan Anda mengalami rendah diri. Mungkin perkataan orang tua atau kalimat orang lain membuat Anda merasa tidak layak dan tidak berharga.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengidentifikasinya sendiri, temui konselor, terapis, atau orang terlatih yang bisa menolong Anda. Tidak mudah memang, tetapi Anda harus rela untuk memperbaikinya.

Kedua, pandanglah diri Anda seperti orang lain memandang Anda. Pikirkan sikap penuh cinta dari orang-orang di sekitar Anda. Jangan fokus kepada yang buruk, tetapi kepada yang baik. Setiap kalimat cinta, ucapan memotivasi, dan perkataan yang baik dari mereka, katakan pula itu untuk diri sendiri.

Ketiga, lakukan yang terbaik setiap hari. Apapun yang Anda lakukan, berikan upaya yang terbaik di situ dengan begitu Anda akan merasa lebih baik dalam menilai diri sendiri. Dengan melakukan yang terbaik Anda tidak akan menyesali setiap pekerjaan yang telah dikerjakan.

Keempat, terlibatlah dalam aktivitas yang membuat Anda puas. Fokuslah kepada kegiatan yang baik untuk tubuh, pikiran, dan jiwa Anda. Jadilah diri sendiri, tidak pelu menjadi orang lain. Anda sebaiknya belajar menerima diri sendiri apa adanya dengan cara belajar mengenali diri sendiri.

Jika Anda ingin keluar dari jebakan rendahnya harga diri, berhentilah untuk kompromi. Anda harus berani keluar dari belenggu itu, temukan kebaikan dan arti hidup yang sejati. Ingatlah, Anda itu spesial dan berharga. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips sukses

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top