Orang indonesia Jarang Persiapkan Dana Pensiun

Idealnya, masa pensiun diharapkan menjadi masa menikmati istirahat bersama keluarga setelah bekerja selama usia produktif. Dalam kenyataannya, orang Indonesia belum benar-benar siap dengan dana pensiun.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  12:58 WIB
Orang indonesia Jarang Persiapkan Dana Pensiun
Dana pensiun - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Idealnya, masa pensiun diharapkan menjadi masa menikmati istirahat bersama keluarga setelah bekerja selama usia produktif. Dalam kenyataannya, orang Indonesia belum benar-benar siap dengan dana pensiun.

Survei HSBC Future of Retirement Bridging The Gap pada 1.000 orang Indonesia ditemukan bahwa 68% menginginkan masa tua yang nyaman. Sementara itu hanya 30% yang telah sadar dan tergerak untuk mempersiapkan dana untuk menikmati masa pensiun.

Padahal mayoritas responden survei menjawab bahwa mereka khawatir apakah akan mandiri secara finansial saat pensiun.  Sebanyak 86% khawatir apakah akan hidup dengan nyaman, 83% khawatir akan meningkatnya kebutuhan biaya kesehatan, dan 77% khawatir kehabisan dana pensiun. 

“Kenyataannya memang tidak seindah ekspektasi, itulah sebabnya dana pensiun harus mulai dipersiapkan sejak dini,” kata head of wealth management PT Bank HSBC Indonesia Steven Suryana di Jakarta (12/2). Menurutnya persiapan dana pensiun sebaiknya direncanakan dengan baik dan sungguh.

Steven mengatakan untuk mempersiapkan dana pensiun yang cukup adalah dengan berinvestasi sejak dini. Apabila kita menginginkan pensiun dengan kemandirian finansial sebaiknya investasi dengan instrumen yang sesuai dengan kemampuan. 

Solusi finansial pada masa pensiun dapat disiapkan melalui berbagai instrumen investasi seperti reksadana, properti, saham, emas, dan asuransi. “Reksadana saham misalnya, bisa menghasilkan return yang besar,” kata Steven.

Akan tetapi dia mengingatkan setiap orang untuk mempersiapkan dana pensiun sesuai dengan kebutuhan, dan memahami profil risiko setiap instrumen investasi. Steven mengatakan bahwa penting sekali melalukan perencanaan keuangan secara personal sesuai dengan usia perencanaan pensiun. 

Intinya semakin dini dipersiapkan, semakin siap masyarakat Indonesia menjadi crazy rich retiree! 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dana pensiun

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top