Ciri-ciri Teman Palsu dan Tidak Tulus

Namanya memang teman, tetapi sering kali malah menghancurkan. Kadang kala tidak semua yang bernama teman justru bermanfaat dan membangun kita. Inilah yang disebut dengan teman palsu (fake friends).
Tika Anggreni Purba | 12 Februari 2019 14:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Namanya memang teman, tetapi sering kali malah menghancurkan. Kadang kala tidak semua yang bernama teman justru bermanfaat dan membangun kita. Inilah yang disebut dengan teman palsu (fake friends).

Persahabatan dengan teman yang palsu tentu tidak sehat bagi fisik dan mental. Konsekuensinya juga selalu merugikan. Berikut ini beberapa karakteristik teman palsu yang layak dilepaskan:

1. Egois
Teman palsu hanya menghubungi Anda ketika dia membutuhkan sesuatu dari Anda. Dia sangat jarang mengirim pesan atau menelepon untuk alasan yang lain.

2. Gosip dan drama
Teman palsu biasanya senang menggosip bersama Anda, namun saat Anda tidak ada, Anda yang menjadi topik gosip. Pertemanan dengan orang seperti ini juga membuat hidup Anda penuh dengan drama yang tidak perlu.

3. Persahabatan terasa tidak murni
Persahabatan yang baik adalah saat kita bisa menjadi diri sendiri di dalamnya. Apabila Anda merasa harus menggunakan topeng dalam lingkaran pertemanan tersebut, kemungkinan besar teman-teman di sekitar Anda juga palsu.

4. Berbohong
Teman palsu tidak jujur akan kehidupannya. Dia berbohong soal pencapaian dan kepemilikan barangnya untuk membuat dirinya terlihat lebih baik. Teman yang kedapatan berbohong berkali-kali tidak layak untuk dipertahankan.

5. Pengkritik
Apabila teman Anda selalu mengkritik dengan kritikan yang tidak membangun, lebih baik Anda mempertimbangkan kembali untuk berteman dengannya. Teman yang baik akan mendukung, mendotong, dan membangun Anda.

6. Dengki
Teman yang palsu tidak bahagia dengan kesuksesan dan pencapaian Anda. Sebaliknya, teman yang baik pasti turut berbahagia dengan kebahagiaan temannya. Jika Anda memiliki teman seperti ini, Anda hanya akan berakhir dengan hubungan yang tidak sehat.

7. Tidak dapat dipercaya
Teman yang baik pasti menjaga rahasia temannya. Artinya, apabila teman Anda mulai menceritakan rahasia Anda pada orang lain, dia bukanlah teman yang sejati. Mereka juga cenderung tidak membela Anda dalam kesulitan.

Tag : relationship
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top