Tips mencuci sendiri hingga bisa beli emas 2gram. / Ilham Mogu
Fashion

Tips Cuci Setrika Sendiri, Bisa Hemat Hingga Nabung Emas

Oliv Grenisia
Rabu, 13 Februari 2019 - 10:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cuci setrika menjadi kegiatan yang wajib dilakukan, tetapi kerap dianggap melelahkan. Padahal, kalau coba melakukannya sendiri, kamu bisa hemat hingga beli emas 2 gram per tahun loh.

Jasa laundry kerap menjadi pelarian para pekerja untuk menghindari kegiatan cuci setrika. Hal itu pun didukung dengan tren bisnis laundry yang makin menjamur.

Akan tetapi, laundry bukan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin berhemat atau punya kantong pas-pasan. Soalnya, biaya laundry cukup mahal.

Tarif laundry cukup beragam, tergantung fasilitas yang dipilih. Tarif untuk cucian yang selesai dalam waktu 4 hari akan lebih murah dibandingkan dengan cucian yang selesai dalam beberapa jam.

Perhitungan Hemat dengan Mencuci Sendiri

Jika dalam seminggu ada 4kg cucian kotor, Kamu akan mengeluarkan biaya Rp128.000 per bulan bila menggunakan jasa laundry.  Padahal, kamu hanya akan mengeluarkan Rp8.000 per bulan di luar biaya listrik dan air jika mencuci sendiri.

Berarti, kamu bakal berhemat senilai Rp120.000 per bulan kalau mencuci sendiri. Jika dihitung tahunan, kamu bisa menyimpan uang hingga Rp1,44 juta per tahun.

tips gaya hidup
tips gaya hidup

Nah, uang itu bisa kamu gunakan untuk investasi emas batangan. Harga emas Antam pada perdagangan Selasa (12/2) di Jakarta dijual senilai Rp664.000 per gram. Jadi, kamu bisa membeli 2 gr dengan nilai Rp1,27 juta.

Selain hemat biaya, mencuci sendiri lebih aman karena meminimalisir adanya kerusakan, hilang, atau luntur pada pakaian. Ketika menggunakan jasa laundry, kamu tidak akan bisa memonitor proses pencucian, jenis detergen, pewangi, hingga air yang mereka gunakan saat mencuci pakaian Anda.

Tips Mencuci Pakaian

Banyak yang tidak mencuci pakaiannya sendiri beralasan karena hal tersebut melelahkan dan buang-buang waktu. Padahal, mencuci pakaian bisa terasa ringan jika dicuci dengan cara dicicil.

Kamu bisa meredam cucian setelah pulang kerja, kemudian cuci dan jemur pakaian ketika pagi sebelum berangkat kerja.

Tips Cuci Setrika Sendiri, Bisa Hemat Hingga Nabung Emas

Cucian pun akan kering pada hari yang sama, tanpa harus menunggu behari-hari seperti menggunakan jasa laundry.

Nah, sekarang kamu bisa pilih nih, mau menggunakan jasa laundry atau mencuci sendiri? Dua pilihan itu ada untung-ruginya sih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Oliv Grenisia
Editor : Surya Rianto
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro