Produksi ASI Kurang? 6 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Jumlah ASI

Mengkonsumsi makanan sehat adalah satu-satunya cara untuk menjaga persediaan ASI yang sehat.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 15 Februari 2019  |  19:29 WIB
Produksi ASI Kurang? 6 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Jumlah ASI
Seorang ibu menyusui bayinya. 6 Jenis makanan dapat meningkatkan jumlah ASI - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--ASI merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi sampai bayi mulai dapat mengkonsumsi makanan padat.

Seiring dengan pertumbuhan bayi, kebutuhan ASI pun meningkat. Akibatnya, banyak ibu sering takut bahwa ASI mereka tidak cukup untuk anak. Para ibu pun kemudian mencari cara untuk meningkatkan produksi ASI demi memenuhi kebutuhan bayi mereka.

Mengkonsumsi makanan sehat adalah satu-satunya cara untuk menjaga persediaan ASI yang sehat.

Nah, berikut daftar makanan yang bisa membantu menjaga persediaan ASI, dilansir dari Times of India:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber yang baik untuk membangun dan menjaga ASI. Kaya akan serat, jenis makanan ini bekerja sangat baik untuk sistem pencernaan. Apalagi oatmeal dianggap baik untuk mengendalikan diabetes setelah ibu melahirkan.

2. Wortel

Jus wortel berfungsi seperti sihir saat menyusui. Wortel adalah sumber beta-karoten yang baik dan sangat penting saat Ibu menyusui. Wortel yang dikemas dengan karbohidrat dan kalium akan membantu Ibu menyusui menghilangkan kelebihan berat badan setelah masa kehamilan.

3. Kacang

Kacang adalah salah satu makanan paling sehat yang bisa Anda makan. Kaya akan berbagai nutrisi, kacang-kacangan akan membantu persediaan ASI Ibu menyusui. Makanlah segenggam kacang setiap hari. Kacang mete, almond, dan kenari adalah pilihan yang disukai pascakehamilan.

4. Pepaya Hijau

Pepaya hijau atau mentah berfungsi sebagai obat penenang alami, yang akan membuat Anda rileks. Pepaya mentah kaya akan galactagogue dan dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk meningkatkan ASI. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad.

5.Biji Adas

Biji adas tidak hanya meningkatkan pasokan ASI melainkan juga mengurangi gas. Rendamlah satu sendok teh biji adas dalam air semalaman dan minum airnya di pagi hari.

6.Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan melainkan juga membantu meningkatkan ASI. Mengonsumsi bawang putih setiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, dan pertumbuhan sel kanker.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
air susu ibu

Editor : Saeno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top