Ilustrasi/Youtube
Relationship

Tips Cerdas Negosiasi Gaji dengan Perusahaan

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 1 Maret 2019 - 11:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negosiasi gaji saat wawancara kerja adalah bagian paling penting dalam menentukan masa depan Anda.

Karena pada saat negosiasi inilah akan ditentukan berapa nilai ideal yang harus Anda dapatkan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Tapi, banyak orang yang ragu dalam menegosiasikan gaji dengan bagian SDM. Alasannya, karena khawatir menjadi tidak diterima karena posisi tawar yang lemah.

Banyak dari kita merasa canggung menegosiasikan gaji kita dengan departemen SDM ketika melamar pekerjaan baru. Terkadang, kita bingung tentang berapa jumlah yang tepat untuk ditanyakan atau bagaimana membenarkan gaji yang diharapkan. Banyak yang bahkan takut dianggap 'serakah' dan akhirnya menerima tawaran pertama.

Berikut, adalah beberapa tips bagaimana menegosiasikan gaji dengan perusahaan calon tempat Anda bekerja seperti dilansir Timesofindia.com

Cari tahu

Sebelum Anda berbicara dengan HR, pastikan Anda telah mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik. Cobalah untuk terhubung dengan para profesional yang sudah bekerja atau masih bekerja untuk organisasi, dan dapatkan masukan tentang skala gaji dari penetapan yang Anda akan kerjakan. Bicaralah tentang penilaian tahunan rata-rata yang ditawarkan perusahaan kepada karyawannya dan semua tunjangan lainnya (seperti asuransi kesehatan, bonus kinerja, variabel, penggantian dan Dana Penyedia) yang akan dimasukkan dalam paket Anda.

Tetap percaya diri

Setelah Anda memiliki informasi tersebut, Anda harus yakin tentang apa yang Anda minta. Sampai dan kecuali Anda tidak memproyeksikan diri Anda percaya diri dan sedikit asertif, HR akan selalu berada di atas angin dalam percakapan dan mencoba untuk menjatuhkan paket yang Anda minta.

Membenarkan secara logis

Coba perhatikan seberapa baik Anda cocok dengan profil pekerjaan. Bicarakan tentang pencapaian profesional Anda sebelumnya, bagaimana Anda akan berkontribusi pada peran baru Anda dan fokus pada skenario jangka panjang.

Biarkan opsi Anda yang lain tetap terbuka

Bahas tentang opsi yang ditawarkan perusahaaan. Jangan memaksakan rencana dan tawaran Anda sendiri, sehingga akan membantu Anda untuk mempercepat prosedur wawancara dan menegosiasikan gaji Anda dengan lebih baik.

Bicara pada waktu yang tepat

Ini adalah yang paling bijaksana untuk menjaga diskusi terkait negosiasi menjelang akhir seluruh prosedur. Idenya adalah untuk membiarkan perusahaan terlebih dahulu percaya pada bakat dan potensi Anda. Begitu mereka yakin bahwa Anda adalah kandidat yang ideal untuk pekerjaan itu, selalu lebih mudah untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan uang.

Ingat untuk melihat manfaat lainnya

Selain menegosiasikan gaji Anda, pastikan Anda melihat ke aspek lain dari pekerjaan baru Anda juga. Berapa banyak fasilitas dan bonus yang akan Anda dapatkan dalam setahun? Berapa persentase rata-rata kenaikan tahunan dan prospek pertumbuhan Anda di dalam organisasi? Berapa jam yang Anda perlukan untuk pulang-pergi setiap hari? Yang terpenting, bagaimana dengan keseimbangan kehidupan kerja?

Jika segala sesuatunya tidak menguntungkan Anda

Tetap profesional dan jangan membakar jembatan Anda jika ada hal yang tidak menguntungkan Anda. Terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan mereka, dan tambahkan mereka ke jaringan profesional Anda. Anda tidak pernah tahu Anda mungkin harus melamar peluang lain dalam organisasi yang sama lagi dalam beberapa tahun dan memiliki hubungan yang baik dapat mengubah segalanya menjadi kebaikan Anda saat itu.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro