7 Keahlian yang Harus Dimiliki Semua Profesi Agar Jenjang Karir Cepat Naik

Berbekal ijazah dan kepintaran otak tidaklah cukup bagi seseorang untuk segera mendapatkan pekerjaan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  10:46 WIB
7 Keahlian yang Harus Dimiliki Semua Profesi Agar Jenjang Karir Cepat Naik
Ilustrasi - Humanresourcesglobal

Bisnis.com, JAKARTA - Berbekal ijazah dan kepintaran otak tidaklah cukup bagi seseorang untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Dua hal ini juga akan menjadi sia-sia jika di dunia kerja Anda tidak memiliki keahlian atau skill yang dibutuhkan oleh perusahaan yang mempekerjakan.

Menariknya, kerja keras juga bukan satu-satunya sifat yang membantu seorang profesional untuk memiliki keunggulan dari orang lain dan mengejar karirnya. Untuk bertahan dan berkembang di dunia korporat, Anda perlu belajar bagaimana menangani hal-hal cerdas, berkembang seiring waktu dan tetap mengikuti perkembangan tren industri. Terlepas dari industri tempat Anda bekerja.

Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki semua pekerja dengan profesi apapun. Keahlian ini akan membantu Anda bekerja dengan optimal atau bahkan mendorong jenjang karir lebih cepat dari yang diharapkan.

Berikut beberapa keahlian tersebut:

Tidak pernah berhenti belajar

Ini adalah aturan dasar yang dilakukan oleh semua profesi. Apakah Anda suka membaca buku atau majalah, mendengarkan podcast, menonton klip video, mendaftar di kursus baru atau belajar keterampilan baru online, cari cara untuk memperluas pengetahuan Anda. Ini akan membantu untuk tetap termotivasi, melihat berbagai hal dari perspektif yang berbeda, dan melakukan sesuatu yang berada di luar tanggung jawab utama di tempat kerja.

Masalah jaringan

Menguasai seni berjejaring bisa memudahkan jenjang karir! Anda tidak dapat naik jabatan tanpa bantuan atau bimbingan seseorang dari jaringan profesional Anda. Karenanya, cobalah terhubung dengan orang-orang dari industri ketika Anda berganti pekerjaan dan membantu orang lain jika memungkinkan. Dunia profesional adalah tempat yang kecil; Anda tidak pernah tahu siapa yang ternyata bisa membantu suatu hari nanti!

Pahami industri

Jelas bahwa Anda dapat memiliki keunggulan dibandingkan yang lain ketika Anda memahami industri tempat Anda bekerja dan tetap mengikuti perkembangan tren baru. Apakah itu membangun kehadiran  Anda sendiri, membaca tentang perubahan terbaru, memahami otomasi di beberapa sektor atau perubahan teknologi lainnya, Anda harus menyesuaikan kecepatan dengan setiap perubahan dalam industri dan jika mungkin, jadilah pemimpin yang membawa perubahan.

Masalah keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan

Anda perlu belajar keterampilan meninggalkan stres kerja di kantor dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman-teman di rumah. Keseimbangan kehidupan kerja membantu untuk tetap termotivasi, meremajakan setelah hari yang melelahkan di tempat kerja dan menjaga ketenangan pikiran. Anda mungkin suka menyombongkan betapa sibuknya Anda dalam kehidupan profesional, tetapi dalam kenyataannya, suatu hari nanti mungkin akan sangat melelahkan.

Mengetahui bagaimana harus bereaksi

Menjadi diplomatis tidak datang secara alami kepada semua orang, tetapi orang dapat selalu berlatih berpikir sebelum bereaksi terhadap situasi apa pun, terutama di dunia profesional. Ini adalah alat terbaik untuk berurusan dengan politik di tempat kerja, menyampaikan pesan tanpa menyinggung rekan-rekandan yang paling penting, tanda menjadi profesional yang matang dan logis.

Belajarlah untuk mengatakan tidak

Jika Anda berpikir mengatakan 'ya' untuk setiap tugas yang diberikan membuat menjadi karyawan yang baik, maka Anda benar-benar salah. Anda hanya dapat mulai memprioritaskan tugas-tugas penting ketika Anda mulai mengatakan tidak pada rapat tanpa tujuan dan tugas yang tidak produktif.

Mengenali Kekuatan dan kelemahan

Yang penting adalah mengenali kekuatan Anda, sama pentingnya juga untuk mengetahui kelemahan. Ya, Anda harus mengetahui bidang-bidang utama yang paling dikuasai dan mencoba memanfaatkannya. Tetapi orang-orang sukses juga mengidentifikasi kelemahan mereka dan mencoba untuk mengubah mereka menjadi kekuatan mereka juga. Ini semua tentang bekerja di bidang yang dapat Anda tingkatkan dan maksimalkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Sumber : Timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top