Berencana Setop Karir demi Mengejar Mimpi? Ini Yang Harus Dipersiapkan

Kita semua akan tiba pada fase dalam hidup kita ketika kita mengajukan pertanyaan ini: "Apa yang saya lakukan dengan hidup saya?"
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 Maret 2019  |  12:18 WIB
Berencana Setop Karir demi Mengejar Mimpi? Ini Yang Harus Dipersiapkan
Ilustrasi - Pineslearning

Bisnis.com, JAKARTA - Kita semua akan tiba pada fase dalam hidup kita ketika kita mengajukan pertanyaan ini: "Apa yang saya lakukan dengan hidup saya?"

Dan ketika pertanyaan ini menggantung di depan Anda, tidak hanya sulit untuk sampai pada kesimpulan tetapi juga akan sama menakutkan untuk membuat rencana dan menindaklanjutinya.

Namun, jumlah orang yang meninggalkan pekerjaan aman untuk mengejar hasrat atau mimpi mereka sedang meningkat dan sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti jejak mereka, inilah yang perlu Anda lakukan:

Luangkan waktu Anda

Ingat, meninggalkan karier yang sukses itu mudah tetapi membangun yang baru tidak. Jangan hanya sampai pada kesimpulan meninggalkan pekerjaan Anda hanya karena Anda sedang mengalami fase buruk. Ini adalah keputusan yang mengubah hidup dan Anda harus meluangkan waktu sebelum sampai pada suatu kesimpulan.

Diskusi dengan orang terdekat

Setelah Anda memutuskan dan tiba pada kesimpulan untuk mengubah karier Anda, pastikan Anda berbicara dengan orang-orang terdekat tentang hal itu. Juga, mengambil nasihat dari orang-orang yang telah melakukannya dapat sangat membantu.

Apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya?

Sebelum berhenti dari pekerjaan atau penawaran untuk karir,  Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya. Diberi kesempatan, semua orang akan senang mengikuti hasrat mereka tetapi bisakah itu menjadi pilihan yang bisa diandalkan atau menyediakan sumber pendapatan yang aman? Anda perlu menangani pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mengakhiri karir Anda.

Keamanan Finansial

Dari semua rintangan yang dihadapi orang-orang, ketidakamanan keuangan adalah risiko terbesar yang harus mereka atasi setelah berhenti dari pekerjaan mereka untuk mengerjakan sesuatu yang mereka sukai. Jadi, lebih baik untuk berhenti dari pekerjaan setelah menyimpan jumlah yang cukup yang dapat disisihkan sebagai dana darurat.

Cara mendapatkan uang dengan mengikuti mimpi

Ini adalah pertanyaan yang paling penting: Bagaimana cara mendapatkan uang sambil melakukan apa yang paling Anda sukai?

Anda perlu melakukan banyak penelitian tentang ini dan membuat rencana yang tepat. Misalnya, jika Anda suka bepergian, Anda dapat membuat blog perjalanan. Jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai bisnis makanan rumahan. Ada banyak opsi dan Anda perlu menemukan yang tepat yang cocok untuk Anda.

Jangan kehilangan harapan

Ketekunan adalah senjata terkuat Anda dalam situasi seperti ini. Setelah Anda memulai sesuatu yang baru, coba, coba dan coba lagi untuk membuatnya sukses. Bersiaplah untuk rintangan yang akan Anda hadapi tetapi jangan menyerah. Butuh banyak waktu dan kesabaran untuk sampai pada titik di mana Anda akan mulai menikmati kebebasan yang baru ditemukan dan buah dari kerja keras Anda. Tetapi sampai saat itu Anda harus terus bekerja keras.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Sumber : Timesofindia

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top