Tips Agar Anak Tak Kecanduan Gadget Ala Penyanyi Nindy Ayunda

Di zaman serba modern saat ini, bukan hanya perkembangan teknologi saja yang bertumbuh pesat, namun juga pengetahuan dan pengertian anak akan teknologi terbaru.
Asteria Desi Kartika Sari | 14 Maret 2019 18:36 WIB
Nindy Ayunda - Asteria Desi Kartika Sari

Bisnis.com, JAKARTA— Di zaman serba modern saat ini, bukan hanya perkembangan teknologi saja yang bertumbuh pesat, namun juga pengetahuan dan pengertian anak akan teknologi terbaru.

Bahkan saat ini anak kecil sudah semakin familiar dengan smartphone.

Perkembangan teknologi sebenarnya memiliki sisi positif untuk anak, namun apabila tidak dikontrol dengan baik justru dapat menjadi boomerang bagi anak. Jadi memberikan pengertian kepada anak akan teknologi juga memberikan tantangan tersendiri.

Hal itu juga yang dirasakan penyanyi Nindy Ayunda. Nindy mengakui terkait parenting atau mengurus anak tidak gampang. Untuk mengontrol anak dan gadget, Nindy membuat aturan. Misalnya saja anak hanya boleh bermain gadget di akhir pekan saja. “ Gadget itu aku kasih di weekend, sebelum sebelumnya nggak. Apalagi sudah sekolah jadi banyak kegiatan,” kata Nindy ditemui di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Ketika melarang anak untuk melakukan suatu hal, lanjutnya, perlu memberikan pengertian kepada anak untuk memberikan gambaran akibat atau dampak apabila melakukan hal tersebut. Atau paling tidak, dirinya sebagai orang tua dapat memberikan opsi permainan atau kegiatan lain. “Contohnya kearin waktu di hotel tiba-toba dia main HP, aku bilangin mending main di luar, misalnya berenang,” lanjutnya.

Selain itu, menurutnya lebih baik memberikan kesibukan untuk anak dengan kegiatan yang positif, seperti les piano hingga mengaji. Bahkan menurutnya masih dapat menambah aktivitas anak lagi lantaran masih ada waktu luang.

“Tapi kan kasian juga, lagi pula aku orangnya fleksibel. Kalau dia capek, ya tingal tidak les, ijin ke gurunya,” katanya.

Tag : parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top