Pesona Pantai Wawun di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tenang dan teduh. JIBI/Bisnis/ Tika Anggreni
Travel

Didominasi Wisata Alam, Yuk Kunjungi 10 Destinasi Ini

Rayful Mudassir
Rabu, 20 Maret 2019 - 07:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sejumlah destiasi favorit bagi kalangan masyarakat domestik dan mancanegara. Keunikan alam Indonesia turut menyuguhkan berbagai lokasi terbaik nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Sejatinya tiap provinsi dan kabupaten/kota memiliki destinasi terbaiknya masing-masing. Namun dari lokasi wisata unggulan, Trip Advisor memilih 10 destinasi terbaik 2018 di Indonesia yang harus masuk daftar kunjungan Anda.

1. Bali

Berjemur di hampatan pasir putih, atau bertemu dengan berbagai binatang tropis dan melihat dari dekat binatang laut merupakan liburan yang dinantikan banyak orang. Bali menyajikan berbagai destinasi dan atraksi wisata menarik. Selain menyelam melihat langsung kapal perang dunia II, melihat pertunjukan budaya di wilayah Ubud dapat menjadi agenda khusus saat ke Bali. Meski telah lama menjadi lokasi wisata unggula, namun Bali tetap menarik para wisatawan.

2. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Lombok merupakan surga dari pantai yang masih natural, air terjun kristal dan gunung berapi. Pantai-pantai putih nan elok didukung pula dengan ombak besar. Ombak ini cukup memikat para peselancar dalam dan luar negeri. Beberapa wilayah di Lombok juga cocok untuk menyelam dan melihat berbagai terumbu karang. Pada 2021 Lombok akan menjadi tuan rumah Moto Gp yang diyakini akan semakin membuat wilayah ini kian dikenal.

3. Yogyakarta

Yogyakarta menawarkan suguhan budaya, alam dan arsitektur spiritual yang cukup menarik dikunjungi. Beberapa diantaranya seperti Candi Prambanan, Gunung Merapi dan berbagai bukti sejarah di Keraton Yogyakarta. Selain alam, Anda akan menemukan atraksi wisata unik di sana sembari menikmati jajanan di angkringan atau lokasi kuliner pinggiran daerah itu.

4. Jakarta

Sebagai Ibukota Negara, Jakarta turut menyanyikan sejumlah pusat wisata seperti Kota Tua di Jakarta Barat atau Kepulauan Seribu bagi wisatawan yang menyukai pantai ciamik di dekat ibukota. Salah satu yang paling ingin dikunjungi adalah Monumen Nasional. Lainnya, wisatawan dapat menikmati suguhan hiburan khas ibukota lainnya di wilayah ini.

5. Bandung, Jawa Barat

Cukup menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Jakarta menggunakan kereta api, pelacong sudah menemukan Bandung. Jika Jakarta memberi pengalaman khas pusat kota, Bandung memberi pengalaman berbeda, seperti melihat langsung suasana alam sejuk. Pelancong juga patut mengunjungi beberapa destinasi diantaranya Masjid Raya Bandung, Jalan Braga dan Museum Geologi. Bandung juga kaya akan bangunan arsitektur Belanda yang turut menarik perhatian.

6. Pulau Bintan

Pulau Bintan berada di Kepulauan Riau. Pulau ini menyanjikan destinasi berdekatan dengan laut. Destinasi terbaik di sini diataranya Lagoi yang merupakan kawasan wisata terpadu dan eksklusif, Pantai Lagoi yang kerap dianggap sebagai miniatur Singapura dan Pulau Penyangat sebagai salah satu bukti sejarah kerajaan Riau. Sebagai wilayah kepulauan, laut dan pantai akan jadi sajian utama di pulau tersebut.

7. Magelang, Jawa Timur

Candi Borobudur merupakan salah satu sajian terbaik di Magelang, Jawa Timur. Wisatawan juga dapat menikmati gemericik air jernih di Curug Silawe yang cukup eksotis. Tidak cukup disitu, pelancong akan dimanjakan dengan pemandangan golden sunrise di Puthuk Setumbu. Magelang punya banyak destinasi lain yang patut Anda kunjungi.

8. Surabaya, Jawa Timur

Sebagai wilayah di ujung Pulau Jawa, Surabaya menyajikan destinasi unik, termasuk atraksi budaya yang sulit dilupakan. Wisatawan memulai perjalanan di pusat Kota Surabaya kemudian melihat langsung Ekowisata Mangrove, Hutan Bambu Keputih, Kenpark Surabaya dan menjajal makanan di Food Junction Grand Pakuwon hingga mengakhiri malam melihat langsung bagaimana air mancur menari di Surabaya.

9. Flores, Nusa Tenggara Timur

Flores menyimpan destinasi yang jarang tersentuh manusia. Dimulai dari menginap di Labuan Bajo, pelancong dapat menuju ke Pulau Padar, Pantai Pink dan Pulau Komodo. Setelah melihat langsung bagaimana Kalong keluar dari sarang di sore hari di Pulau Kalong, wisatawan dapat menuju ke Desa Wae Rebo yang berada di 1.200 meter di atas permukaan laut di Kabupaten Manggarai.

10. Batam, Riau

Batam disebut sebagai jalan terdekat Indonesia menuju ke Singapura. Pelancong dapat melihat dari dekat Singapura dari Pantai Tanjung Pinggir. Sambil menikmati sore, Singapura terlihat seiring dengan kapal kargo internasional yang melintasi wilayah itu. Selain itu, Pantai Elyora, Taman Wisata Habibie 1000 Tangga, Pantai Tunjuk dan Bukit Tanjung Uma merupakan lokasi lainnya yang dapat dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro