Health

Alasan Pasien Lebih Pilih Berobat ke Malaysia

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 10 April 2019 - 07:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Ada beberapa faktor yang memengaruh seserang memilih berobat ke luar negeri. Misalnya saja karena pertimbangan kecanggihan teknologi. Sehingga menurut pasien, pemeriksaan dapat dilakukan secara detail dan akurat.

Hal tersebut juga diakui oleh Kartika Utami, salah satu warga Batam. Dia bercerita ayahnya lebih memilih melakukan medical check-up di Johor Malaysia.

“Kalau menurut keluarga kami pemerikasaan di sana lebih lengkap. Waktu itu papa terdeteksi hepatitis, itu 5 tahun yang lalu sewaktu melakukan general check-up di Malaysia. Kemudian kami pulang di Indonesia, dan mencoba untuk berobat di Indonesia saja,” jelas Kartika kepada Bisnis dikutip Selasa (9/4/2019).

Dia bercerita ketika melakukan pemeriksaan di Indonesia hal yang terdeteksi di Malaysia tidak terbaca di Indonesia. Bahkan, dia mengatakan laporan hasil pemeriksaan di Malaysia semacam tidak menjadi pertimbangan untuk pemeriksaan selanjutnya.

“Waktu di Johor itu terdeteksi semua, kenapa waktu di Indonesia tidak herankan?. Terus baru terdeteksi 1 tahun belakangan ini, kan jadi penangannya terlambat,” katanya.

Belum lagi, lanjutnya dari segi biaya pemeriksaan di Malaysia lebih murah jika dibandingkan dengan Indonesia. Menurut pengalamannya, biaya pemeriksaan lengkap di Malaysia sekitar RM400. Sedangkan, cek laboratorium untuk kebutuhan asuransi di Indonesia harus bayar Rp2,5 juta itupun tidak seluruhnya dibaca lengkap.

“Kalau aku bilang sih diagnosisnya lebih akurat dan efisien sih. Tapi bukannya mau mengabaikan dokter di Indonesia ya, tapi faktanya memang begitu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro