Ilustrasi /Istimewa
Health

Tips Pencegahan & Penanganan Alergi pada Anak

Reni Lestari
Rabu, 10 April 2019 - 16:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gejala alergi yang terjadi pada anak sering menyebabkan orang tua kebingungan terutama terkait dengan penyebab dan cara penanganan serta pecegahannya.

Budi Setiabudiawan, konsultan alergi dan imunologi anak, mengatakan langkah pencegahan anak terserang alergi dilakukan selama masa kehamilan. Dia menjelaskan ibu yang tengah mengandung sebaiknya tidak memiliki pantangan makanan tertentu.

"Ibu boleh makan apa saja, tidak ada pantangan apa pun. Selama dia tidak alergi, dia harus makan apa saja," kata Budi.

Setelah anak lahir, lanjutnya, ibu harus memberi air susu ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan memberikan makanan pendamping ASI. Jika anak sudah terkena alergi, langkah pertama adalah mengenal penyebabnya.

Dia menjelaskan anak akan sangat berisiko terkena alergi jika kedua orang tuanya juga memilki riwayat penyakit tersebut.

Jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi, maka anak berisiko sekitar 40 persen hingga 60 persen, sedangkan jika kedua orang tua memiliki alergi yang sama, maka risiko pada anak meningkat hingga 80%.

Risiko terkena alergi juga terdapat pada anak yang dilahirkan secara caesar, di mana pertumbuhan bakteri baik di usus terhambat karena keluar tidak lewat saluran lahir ibu.

Budi mengatakan jika anak sudah terbukti mengalami alergi, penanganan pertama adalah pemberian ASI. Namun, jika anak secara medis tidak bisa mengonsumsi ASI, maka bisa diberikan susu formula tertentu.

"Jadi ASI merupakan nutrisi yang baik dibandingkan dengan susu formula mana pun. Tetapi apabila seorang anak tidak bisa minum ASI, bisa menggunakan susu hidrolisa, ada yang parsial, ekstensi, dan formula asam amino," ujarnya.

Orang tua yang menemukan anaknya mengalami alergi juga disarakan melakukan 3K yakni kenali gejalanya, konsultasikan ke dokter, dan kendalikan penyebab alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro