Buah Kiwi/Blackpeppercorn
Health

5 Makanan Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol saat Puasa

JIBI
Senin, 6 Mei 2019 - 10:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para penderita tekanan darah dan kolesterol seharusnya merasa beruntung dengan datangnya bulan Ramadan. Pada bulan suci itu, mereka lebih mudah mengawasi pola makan dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Sehari-hari ketika sedang tidak berpuasa, seseorang dapat makan hampir tiga kali sehari diiringi cemilan di selang jam makan. Namun, ketika berpuasa, secara otomatis, pola makan akan berubah menjadi waktu sahur dan jam berbuka puasa.

Bagi penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol ini, menjadi keuntungan karena mempermudah pola pengaturan waktu makan dan jenis makanan dalam menu berbuka.

Beberapa jenis makanan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kolesterol. Karena itu, disarankan beberapa pilihan makanan ini dalam menu makan saat sahur dan buka puasa nanti:

1. Kiwi

Buah berkulit coklat dan berbuah hijau ini dapat mebantu menurunkan tekanan darah, seperti diungkapkan American Heart Association. Buah khas Selandia Baru ini kaya akan lutein dan mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan tekanan darah.

2. Pisang

Makanan yang mengandung potassium sangat disarankan bagi para penderita hipertensi. Beberapa makanan yang kaya dengan potassium, seperti pisang dan kacang-kacangan. Anda dapat menyantap ini sebagai cemilan sehat ketika sahur dan buka puasa.

3. Semangka

Selain memiliki kandungan air yang sangat baik buat tubuh, ternyata buah lezat ini dapat menurunkan tekanan darah melalui kandungan asam amino berjenis L-citrulline atau L-arginine seperti dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Florida State University.

4. Tahu

Makanan dengan kandungan kedelai seperti tahu, tempe, edamame dan miso ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan isoflavones di dalamnya membuat tekanan darah sistolik tetap rendah dan stabil, seperti dijelaskan American College of Cardiology.

5. Cokelat

Kandungan flavanol dalam cokelat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Namun Dr. Karin Ried dari University of Adelaide mengungkapkan bahwa coklat hanya akan menurunkan tekanan pada penderita tekanan darah tinggi, bukan mereka yang memiliki tekanan darah normal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro