Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Kanker Nasofaring, Penyebab Kematian Ustaz Arifin Ilham

Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham yang meninggal dunia pada Rabu (22/5/2019) di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  08:28 WIB
Sel kanker - Istimewa
Sel kanker - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham yang meninggal dunia pada Rabu (22/5/2019) di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia. 

Sosok yang dianggap guru di kalangan para artis ini meninggal dunia setelah berjuang melawan dua penyakit penyakit sekaligus yakni kanker kelenjar getah bening dan nasofaring stadium 4A.

Sementara, kanker kelenjar getah bening sudah tidak asing di telinga karena pernah diidap oleh almarhum komedian Olga Syahputra, tak banyak yang tahu soal kanker nasofaring. 

Jenis kanker yang biasa disebut kanker hidung ini adalah kanker yang berasal dari sel epitel nasofaring di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. 

Mengutip dari cancer.org, kanker nasofaring adalah jenis kanker yang menimbulkan gejala berupa benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur, hingga kesulitan membuka mulut.

Tidak seperti kanker lainnya, jenis kanker ini baru menunjukkan gejala pada stadium-stadium akhir. Namun, gejala awalnya, penderita biasanya mimisan berulang, hidung tersumbat terus menerus, pandangan mata ganda, dengungan di telinga dan kelenjar getah bening yang membengkak.

Penyakit ini umunya ditemukan pada laki-laki dan dipengaruhi adalah faktor lingkungan seperti iritasi oleh bahan kimia, asap, bumbu masakan, bahan pengawet, masakan yang terlalu panas, air yang memiliki kadar nikel yang cukup tinggi.

Mengonsumsi ikan bakar dan ikan asin juga termasuk salah satu penyebab peningkatan risiko penyakit kanker nasofaring menurut ahli kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit kanker Ustad Arifin Ilham
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top