Ibu hamil/Antara
Relationship

Mudik Bersama Ibu Hamil? Begini Persiapannya

Tika Anggreni Purba
Selasa, 28 Mei 2019 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Membawa keluarga untuk pulang ke kampung halaman menjadi momen penting menjelang Idulfitri. Tentu, untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, kondisi fisik dan jiwa harus fit. Bagaimana agar mudik tetap menyenangkan bersama ibu hamil?

Kerinduan akan orangtua, sanak saudara, dan kerabat di kampung halaman dapat terbayarkan setelah perjalanan mudik yang tidak selalu mudah. Masyarakat yang merantau umumnya menjalani tradisi mudik untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga.

Tantangan perjalanan mudik juga beragam, mulai dari mahalnya harga tiket transportasi, kemacetan, bahkan kondisi fisik yang kurang prima. Belum lagi jika mudik harus dilakukan bersama dengan anggota keluarga yang sedang hamil, anak-anak, atau lansia.

Biasanya kerepotannya menjadi berlipat ganda. Alangkah baiknya untuk menyiapkan segala persiapan yang penting sebelum mudik.
 
Apabila harus mudik dengan anggota keluarga yang tengah hamil, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu.

Hal ini penting untuk mengetahui apakah perkembangan janin dan kondisi ibu hamil siap untuk menjalani perjalanan mudik atau tidak. Apalagi biasanya perjalanan mudik tidak ditempuh dalam waktu singkat, tentu kondisi fisik dan mental ibu hamil mesti diperhatikan.
 
Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Muhammad Fadli dari RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta mengatakan bahwa waktu yang paling aman bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh adalah pada trimester kedua.

“Ibu hamil biasanya sudah melewati masa mual dan muntah pada fase ini,” katanya.
 
Muhammad  juga menganjurkan agar keluarga mencermati riwayat kesehatan perempuan hamil tersebut, misalnya apakah pernah mengalami perdarahan atau kontraksi dini sebelumnya. Periksakan kehamilan terlebih dahulu melalui USG untuk mengetahui perkembangan janin sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik.
 
“Pilihlah juga transportasi yang memiliki waktu tempuh paling singkat, atau memungkinkan ibu hamil untuk beristirahat secara periodik,” katanya lagi.

Fadli juga menganjurkan agar para ibu hamil memperhatikan hidrasi dengan minum air yang cukup selama perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro